BALANGAN : PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA, BESOK

Admin Kamis, 06/12/2018 Internal 174 hits

Paringin – Sambut Hari AIDS Sedunia (HAS) yang ke-30 Tahun 2018, Komisi Pemberantasan AIDS Daerah (KPAD) Balangan, bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, dan Dinas Kesehatan setempat, laksanakan rangkaian kegiatan positif untuk memperingatinya. Apa saja kegiatannya?

Ketua KPAD Balangan Haji Akhmad Nasa’i saat ditemui di Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan pada hari Rabu (5/12/2018) mengungkapkan, Hari AIDS Sedunia 1 Desember yang oleh masyarakat dunia dijadikan sebagai  momentum untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian Negara dan masyarakat tentang pentingnya mencegah penulatan HIV/AIDS, di Kabupaten Balangan telah mulai dilaksanakan semenjak awal bulan November tadi. 

“Sebenarnya kegiatan konseling dan screening HIV/AIDS itu merupakan kegiatan rutin penanggulangan HIV/AIDS.  Namun sebulan sebelum hari H kami semakin mengintensifkan pelaksanaan kegiatan screening di fasilitas-fasilitas kesehatan. Selanjutnya, dengan tim mobile dimana Dinkes melaksanakan screening dan KPAD melaksanakan konseling, kami juga menyasar daerah-daerah yang dianggap berisiko penularan penyakit seperti pada warung malam dan sebagainya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk puncak pelaksanaan Hari AIDS Sedunia di Kabupaten Balangan, baru akan dilaksanakan pada hari jum’at tanggal 7 Desember 2018 di Halaman Sekretariat Daerah Kabupaten Balangan dengan mengadakan acara jalan santai yang akan diikuti oleh seluruh Pegawai Pemerintah Kabupaten Balangan baik ASN ataupun Non ASN, Konseling dan Screening HIV/AIDS, dan Pemeriksaan kesehatan Penyakit Tidak Menular (PTM).

Disinggung mengenai alasan kenapa dilaksanakan jalan santai untuk memperingati Hari AIDS Sedunia, Nasa’i mengatakan kegiatan ini  merupakan upaya lainnya dalam meningkatkan informasi, dan juga mengajak semua unsur pemerintahan untuk ikut bersama-sama menyatukan langkah dalam pencegahan HIV AIDS. Dan tentu saja, kerena kegiatan ini sangat menyehatkan, sehingga rugi apabila tidak mengikutinya.

Ditambahkannya, Hari AIDS Sedunia (HAS) tahun ini merupakan peringatan yang ke-30. Dan tema nasional yang diusung untuk tahun 2018 yaitu ‘saya berani, saya sehat’ ini merupakan tema lanjutan Peringatan HAS Tahun 2017. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap HIV AIDS dengan cara melakukan tes HIV dan melanjutkan dengan pengobatan ARV sedini mungkin jika terdiagnosa HIV. 

“Dengan mengetahui status kesehatan sejak dini dan memulai segera pengobatan ARV apabila positif HIV, maka kesehataan dan kualitas hidup penderita tetap terjaga. Sehingga, para penderita tetap produktif untuk memberikan yang terbaik bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

Dari ini semua, maka Peringatan Hari AIDS Sedunia (HAS) ini memang patut untuk dilaksanakan, sebagai momentum dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian kita semua tentang pentingnya mencegah penularan penyakit AIDS yang disebabkan oleh HIV.

Seperti yang diketahui sebelumnya, permasalahan AIDS sekarang ini merupakan permasalahan global. Dan berdasarkan data statistik, meskipun penyakit ini baru teridentifikasi tahun 1984, namun lebih dari 35 juta orang meninggal akibat terjangkit penyakit ini. Dengan data statistik seperti ini, AIDS dapat dikatakan sebagai salah satu penyakit memetikan dalam sejarah.

Selanjutnya, berdasarkan data di Dinas Kesehatan saat ini di Kabupaten Balangan,selama tahun 2018 telah ditemukan 10 kasus HIV positif.  selanjutnya dari jumlah penderita tersebut 2 penderita meninggal dunia, 6 penderita melaksanakan terafi ARV, dan 2 penderita sedang dalam proses terafi. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

Lomba Posyandu 2012

Senin, 30/07/2012

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"