KADINKES BONGKAR JAMBAN SUNGAI WARGA

Admin Juma't, 03/02/2017 Internal 642 hits

Paringin - 4 Jamban sungai warga yang berada di Sepanjang Daerah Aliran Sungai Desa Bata Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, hari ini tadi, Kamis (2/2/2017) dibongkar oleh Kadinkes, Kepala Puskesmas Pirsus II, warga masyarakat yang di bantu oleh Anggota TNI dari Koramil Juai.


KADINKES KABUPATEN BALANGAN BONGKAR JAMBAN SUNGAI WARGAKepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, H. A. Nasa'i, S.Kep, MM dalam pembongkaran jamban sungai tersebut mengungkapkan,Pembongkaran jamban di Desa Bata ini dilaksanakakan karena Desa Bata telah dinyatakan sebagai  Desa Open Defecation Free atau ODF. 

"ODF  adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan lagi," ungkapnya.  

Ditambahkannya, sebuah lingkungan masyarakat sudah dikatakan ODF apabila semua masyarakat telah buang air besar  hanya di WC termasuk tinja/kotoran bayi, tidak terlihat tinja manusia di lingkungan sekitar, tidak ada bau tak sedap akibat pembuangan tinja/kotoran manusia, ada peningkatan kualitas WC yang ada, ada mekanisme monitoring peningkatan kualitas, ada penerapan sanksi, peraturan atau upaya lain oleh masyarakat untuk mencegah kejadian BAB di sembarang tempat, ada mekanisme monitoring umum yang dibuat masyarakat untuk mencapai 100% KK mempunyai WC sehat, dan untuk  sekolah yang terdapat di komunitas tersebut telah tersedia sarana WC dan tempat cuci tangan dengan sabun yang dapat digunakan murid-murid pada jam sekolah.  

KADINKES KABUPATEN BALANGAN BONGKAR JAMBAN SUNGAI WARGA"Ini merupakan Program dari Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang mempunyai 5 pilar, yaitu stop BAB sembarangan, Cuci tangan pakai sabun, mengelola air minum dan makanan yang aman, mengelola sampah dengan benar, dan mengelola limbah cair rumah tangga yang aman," ujarnya.  

Dijelaskannya pula bahwa, Desa Bata yang masuk masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Pirsus II ini telah sukses melaksanakan 4 Pilar STBM yaitu Stop BAB Sembarangan karena hampir semua warga mempunyai wc pribadi , memberlakukan kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan membuat banyak fasilitas tempat cuci tangan di desa, telah ada badan pengelola Desa dalam hal  penyedian air bersih , dan sekarang ini sedang dalam tahap penyelesaian pembuatan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang akan dikelola oleh dan untuk masyarakat.  

"Untuk itu maka hari ini kami bersama-sama dengan Puskesmas Pirsus II dan warga desa melaksanakan pembongkaran Jamban Sungai, karena selain sudah tidak digunakan lagi  juga agar supaya kebiasaan yang telah baik ini akan tetap lestari," pungkasnya.  

Dalam acara pembongkaran ini, turut hadir Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan, kesehatan Kerja dan Kesehatan Olah Raga, Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan , Tokoh Masyarakat Desa,  dan Anggota TNI dari Koramil Juai. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"