SEBELUM 2019 SEMUA PUSKESMAS DI BALANGAN TERAKREDITASI

Admin Minggu, 22/01/2017 Internal 920 hits

Paringin-Target Kabupaten Balangan sebelum tahun 2019 semua Puskesmas di Bumi Sanggam sudah terakreditasi dipastikan akan tercapai.

Puskesmas Batumandi BalanganKabid Pelayan Kesehatan (Yankes) Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, M.Noor, S.Sos saat ditemui di ruang kerjanya, Jum'at (20/1/2017) Mengungkapkan bahwa, dalam Tahun 2017 ini 8 Puskesmas dari 12 Puskesmas yang ada di Kabupaten Balangan akan terakreditasi, sehingga target nasional yang mengharuskan tahun 2019 semua Puskesmas di Indonesia telah terakreditasi bisa dipenuhi.

Ditambahkannya, 3 Puskesmas yang telah dilakukan pendampingan oleh Tim Pendamping Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Sejak Bulan Juni 2016 yaitu Puskesmas Paringin, Paringin Selatan, dan Puskesmas Juai akan disurvei oleh Tim pelaksana penilaian akreditasi yang ditugaskan oleh Komisi Akreditasi Fasyankes Primer bulan Juli 2017, sedangkan lima puskesmas yang sejak awal tahun ini mulai dilakukan pendampingan yaitu Puskesmas Tebing Tinggi, Batumandi, Awayan, Halong, dan Puskesmas Lampihong akan disurvei Bulan Oktober 2017.di harapkan 8 puskesmas yang akan di survei semua terakreditasi

"Dengan Skema kerja pendampingan tersebut, kami optimis sebelum tahun 2019, semua puskesmas di kabupaten Balangan sudah terakreditasi," ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, akreditasi Puskesmas merupakan pengakuan terhadap Puskesmas oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan setelah dinilai bahwa fasilitas kesehatan tingkat pertama itu memenuhi standar pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang telah ditetapkan, untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan.

Hal senada juga disampaikan oleh kepala Seksi Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Hanny Rahfani, SKM, yang ditemui di tempat yang sama bahwa, Akreditasi Puskesmas merupakan sebuah keharusan bagi semua Fasilitas Pelayanan Kesehatan di seluruh Indonesia, dan pada tahun 2019 akreditasi akan menjadi persyaratan Pemberi Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (PPK 1) sebagai provider JKN.

"Manfaat dari Akreditasi Puskesmas ini sebenarnya bukan hanya masyarakat sebagai pengguna jasa layanan, namun juga bagi Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/kota, puskesmas itu sendiri,serta BPJS," urainya.

Diuraikannya lebih lanjut, beberapa manfaat akreditasi yang didapat oleh Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/kota adalah sebagai wahana pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan klinis, serta penerapan manajemen risiko.

Selanjutnya bagi Puskesmas akan memberikan keunggulan kompetitif, Menjamin pelayanan kesehatan primer yang berkualitas , Meningkatkan pendidikan pada staf, Meningkatkan pengelolaan risikomembangun dan meningkatkan kerja tim antar staf, meningkatkan reliabilitas dalam pelayanan, ketertiban pendokumentasian, dan konsistensi dalam bekerja, meningkatkan keamanan dalam bekerja.

"Dengan adanya akreditasi , mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh puskesmas akan semakin meningkat, sehingga dapat memperkuat kepercayaan masyarakat karena penyelenggaraan pelayanan kesehatan dilaksanakan secara bertanggungjawab, aman, bermutu serta merata dan non diskriminatif" Pungkasnya. [Rie]

 

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"