PELAYANAN KESEHATAN BERGERAK DINKES BALANGAN : TIM PELAYANAN KESEHATAN DAERAH TERPENCIL.

Admin Senin, 05/12/2016 Internal 1187 hits

Paringin-Pelayanan Kesehatan Daerah Terpencil (Dacil) merupakan program Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, sebuah upaya untuk meningkatkan Jangkauan pelayanan kesehatan.


Perjalanan Dacil Dinkes BalanganPlt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, H.A.Nasa'i, S.Kep, MM yang ditemui diruang kerjanya di Paringin, Senin (5/12/2016) mengungkapkan Pelayanan Kesehatan Daerah terpencil ini harus dilakukan mengingat di Kabupaten Balangan terdapat beberapa anak desa yang sangat terpencil di 2 Kecamatan, yaitu Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Halong.  

Diungungkapkannya,  untuk daerah di kecamatan Tebing Tinggi seperti Ajung, Dayak Pitap,Kambiyain, Nanai, atau  di Kecamatan Halong yang  masuk dalam wilayah kerja Puskesmas Uren seperti  Ambatunin, Libaru Sungkai, Tanjungan Jalamu, Kurihay, Sawang, Ambata dan Andamai, situasi dan kondisi geografis sangat sulit dicapai, dan jauh dengan fasilitas pelayanan kesehatan.  

"Untuk itu perlu dilakukan upaya mendasar yaitu peningkatan akses pelayanan kesehatan," ujarnya.  

Ditambahkannya, selain merupakan sebuah kewajiban sebagaimana diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 28 ayat 1 tentang kewajiban negara untuk memenuhi hak warganya dalam pelayanan kesehatan, ini juga merupakan cara agar masyarakat di daerah tersebut mendapatkan pelayanan kesehatan yang diperlukan dengan mutu yang dapat dipertanggungjawabkan.  

"Untuk itu, untuk daerah-daerah tersebut memerlukan suatu Tim Pelayanan Kesehatan yang bergerak yang kami beri nama Pelayanan Kesehatan Daerah Terpencil untuk menjangkau masyarakat di daerah sulit dan terpencil yang letaknya jauh dari sarana pelayanan kesehatan yang ada," pungkasnya.

pelayannan kesehatan dacil Dinkes BalanganSementara itu, Kasi Yandasru Hanny Rahfani, SKM turut menambahkan bahwa, pelayanan Kesehatan Daerah terpencil ini mulai dilaksanakan sejak tahun 2006 dan terus berlangsung sampai dengan sekarang ini.  

"Dalam pelaksanaannya kami melibatkan Tenaga kesehatan dari Kabupaten, Puskesmas setempat, dan lintas sektor terutama Kantor Kecamatan selaku Pemilik wilayah," ujarnya.  

Ditambahkannya, jenis pelayanan yang diberikan oleh Tim Pelayanan Kesehatan Daerah Terpencil (Dacil) ini meliputi pelayanan kesehatan dasar, Pelayanan kegawatdaruratan, pelayanan kesehatan rujukan dan evakuasi, serta pemberdayaan masyarakat.  

Dijelaskannya lagi, Program inipun sejalan dengan Permenkes Nomor 90 Tahun 2015 tentang Pelayanan Kesehatan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan terpencil dan Sangat terpencil yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan kesehatan, meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, dan menggerakkan masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatannya.  

"Semua pelayanan yang diberikan tidak dipungut biaya, dan kalaupun harus mendapat rujukan semua dibiayai oleh Jamkesda," pungkasnya. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"