SELAMAT HARI AIDS SEDUNIA TAHUN 2016

Admin Kamis, 01/12/2016 Internal 686 hits

Paringin - Tema Hari AIDS Sedunia Tahun 2016 adalah 'Mari kita berubah,masa depan gemilang tanpa penularan HIV.

Selamat Hari AIDs Sedunia 2016 Dinkes Balangan"Tolong sampaikan Kepada Seluruh insan Kesehatan Banua Sanggam,selamat Hari AIDS Sedunia Tahun 2016," ujar Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan,H.A.Nasa'i,S.kep,MM saat ditemui di ruang kerjanya di Paringin,Kamis (1/12/2016).

disampaikannya, Hari AIDS Sedunia yang jatuh setiap tanggal 1 Desember diperingati untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV.

"Kasus HIV/AIDS di Provinsi Kalimantan Selatan berjumlah 1463 kasus,dan untuk Kabupaten Balangan berjumlah 11 Kasus," ungkapnya.

Ditambahkannya ,Kementerian Kesehatan telah mencanangkan gerakan ajakan tes HIV untuk masyarakat umum, dalam bentuk Kegiatan Kampanye Peduli HIV/AIDS dengan slogan TOP yang merupakan kependekan dari "temukan, obati dan pertahankan".

"Temukan" yaitu segera temukan orang dengan HIV/AIDS (ODHA), "obati" ialah segera obati ODHA dengan antiretroviral (ARV) dan "pertahankan" maksudnya pertahankan kualitas hidup ODHA.


Dikatakannya, faktor risiko penularan HIV terbanyak adalah melalui hubungan seks yang berisiko pada heteroseksual sebanyak 66 persen, penggunaan jarum suntik tidak steril 11 persen, seks sesama jenis 3 persen, serta penularan dari ibu ke anak 3 persen.


"untuk itu saya mengajak pada semua masyarakat untuk tidak ragu-ragu maupun takut dalam melakukan Tes HIV yang bisa dilakukan oleh Dinas kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Balangan," pungkasnya.


diakhir pertemuan itu, ia juga menyampaikan tidak melakukan diskriminasi maupun stigma pada orang yang melakukan tes HIV dan tidak menstigma orang yang terinfeksi HIV dikarenakan semua orang berpeluang untuk terinfeksi HIV. [rie]

 

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"