STANDAR PELAYANAN MINIMUM KESEHATAN KABUPATEN BALANGAN (HARUS) NAIK

Admin Rabu, 30/11/2016 Internal 671 hits

Paringin-Untuk lebih meningkatkan standar minimum (SPM) bidang kesehatan,Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan menyelenggarakan evaluasi Kegiatan tahun 2015.

Evaluasi SPM Dinkes Balangankegaiatan evaluasi SPM sendiri dilaksanakan di aula Dinas Kesehatan,Kamis (30/11/16) yang dihadiri oleh Kepala Puskesmas,Bidan Koordinator,Nutrisionis Puskesmas,dan Koordinator Imuniasasi Puskesmas se Kabupaten Balangan.

Acara Evaluasi Standar Minimum Pelayanan Minimal (SPM) Tahun 2015 yang dibuka secara resmi oleh Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan,H.A.Nasa'i,S.kep,MM mengungkapkan, evaluasi merupakan kegiatan yang wajib untuk dilasanakan,karena dengan adanya evaluasi dapat diketahui capaian kerja,permasalahan dan lain sebagainya.

"Tujuan evaluasi SPM ini adalah untuk mengetahui capaian kegiatan dan mengkaji permasalahan yang dihadapi selama ini. sehingga,dengan adanya evaluasi kita dapat merencanakan strategi kegiatan lebih lanjut dan lebih baik lagi," ungkapnya.

Ditambahkannya,Standar pelayanan minimal atau biasa disingkat SPM adalah standar pelayanan minimal yang harus didapatkan oleh masyarakat dan menjadi program yang ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pelaksanaanya diwajibkan kepada pemerintah daerah sesuai dengan sumber daya dan kemampuan daerah.

"Jadi SPM ini ditetapkan secara Nasional dan harus dilaksanakan," ujarnya.

Dijelaskannya,dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang Kesehatan, maka diharapkan pelayanan kesehatan yang paling mendasar dan esensial dapat dipenuhi pada tingkat yang paling minimal secara nasional, sehingga dapat mengurangi kesenjangan pelayanan kesehatan dan lebih jauh dapat memelihara atau menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Apabila kita cermati lebih jauh dari indikator SPM, dapat dipastikan bahwa indikator SPM merupakan beban dan tanggung jawab yang banyak dibebankan kepada sarana pelayanan kesehatan strata 1 yaitu puskesmas," Pungkasnya. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"