COC, SELAMATKAN CALON GENERASI PENERUS BANUA SANGGAM

Admin Rabu, 30/11/2016 Internal 633 hits

Paringin - COC merupakan konsep yang telah muncul sebagai paradigma baru untuk mengatasi kematian ibu,bayi dan anak,sebuah upaya untuk lebih mensejahterakan kehidupan masyarakat Balangan.

Plt.Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Balangan,H.A. Nasa'i, S.Kep, MM yang ditemui sesaat sebelum pelaksanaan Rapat Koordinasi Dalam Rangka Penetapan kesepakatan (MoU) Dengan Stakeholder Terkait Dalam Rangka Kemitraan Untuk Menurunkan Kematian Bayi dan Anak Melalui Pemberdayaan Masyarakat dengan Pendekatan Continoum Of Care (COC) di Benteng Tundakan Setda Balangan, Selasa (29/11) mengungkapkan bahwa, COC merupakan sebuah pendekatan dalam pemberian layanan kesehatan bagi ibu dan anak yang memfokuskan diri pada layanan kesehatan di 1000 hari pertama kehidupan.

"1000 hari kehidupan pertama adalah periode percepatan tumbuh kembang yang dimulai sejak terbentuknya janin dalam kandungan sampai 2 tahun," ujarnya.

Ditambahkannya, 1000 hari kehidupan pertama ini dipercaya sebagai priode emas pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga dapat dikatakan dengan terpenenuhinya kebutuhan dimasa ini, maka sudah dapat ditentukan bagaimana masa depan anak selanjutnya yang merupakan generasi penerus Banua Sanggam.

"Maka diadakanlah koordinasi penetapan kesepakatan (MoU) dengan stakeholder terkait yang merupakan langkah awal sebagai stimulan penyelesaian masalah kesehatan terutama menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) yang ada di Kabupaten Balangan," ujarnya.

Dijelaskannya, rapat koordinasi Ini Merupakan rangkaian pertemuan yang ke-3, setelah dalam pertemuan yang pertama telah dapat teridentifikasi masalah yang dapat meningkatkan AKI/AKB di Kabupaten Balangan, selanjutnya dalam pertemuan selanjutnya telah tersusun rencana prioritas pemecahan masalah, dan akhirnya pada hari ini dilaksanakanlah penandatangan kesepakatan dengan stakeholder untuk menurunkan AKI-AKB yang akan di saksikan oleh Bupati Balangan," ujarnya.
Acara Penandatangan kesepakatan yang ditandatangani oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan dengan Camat Paringin Selatan dan Camat Juai disaksikan oleh Bupati Balangan, H. Ansharuddin yang dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa, derajat kesehatan merupakan salah satu pilar penting dalam dalam upaya pembangunan.

"Pemerintah Kabupaten Balangan mempunyai komitmen untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat," tuturnya.

Diakhir kata sambutan, ia mengajak semua peserta rapat koordinasi untuk melaksanakan komitmen bersama sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah-masalah kesehatan yang ada untuk mewujudkan masyarakat Balangan yang sehat secara adil dan merata.

Sementara itu, H. Agus Syarkani, SKM, MPH ketua pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa, acara ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Balangan dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, yang dihadiri oleh Kabid Promkes Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Bappeda, DPRD Balangan, Camat Juai, Camat Paringin Selatan, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.

Ditambahkannya, Sementara ini memang hanya dilaksanakan di 2 kecamatan, yaitu kecamatan Paringin Selatan dan Kecamatan Juai,karena di 2 kecamatan tersebut masih ada kematian Ibu dan bayi, masih adanya persalinan ditolong oleh dukun, kunjungan ke Posyandu masih rendah, dan cakupan imunisasinya pun juga masih rendah.

"Semoga dengan kegiatan ini bisa memberi kebaikan bagi kita semua, dan selanjutnya 2 kecamatan ini bisa menjadi percontohan bagi kecamatan-kecamatan lainnya di Kabupaten Balangan," ujarnya.

Diakhir wawancara ia mengharapkan pula bahwa kegiatan ini akan meningkatkan peran aktif para stakeholder dalam menurunkan kasus kematian ibu, bayi, dan balita, aktif meningkatkan staus gizi keluarga dan masyarakat, selanjutnya juga aktif mencegah persalinan ditolong oleh non nakes, serta aktif meningkatkan cakupan imunisasi bayi dan balita agar penyakit infeksi dapat dicegah [Rie]


: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"