HADIRKAN MISTER GAM, HIV/AIDS LEWAT (CEGAH MASALAH GLOBAL DENGAN BUDAYA LOKAL)

Admin Rabu, 30/11/2016 Internal 613 hits

Paringin - Peringati Hari AIDS Sedunia, Komisi Penanggulangan HIV/AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Balangan hadirkan Ustad Mr. Gam di Terminal Paringin, Rabu malam, 30 Nopember 2016.

KPAD KABUPATEN BALANGANSekretaris KPAD Kabupaten Balangan, H. M. Zarkasyi saat ditemui di Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Selasa (29/11/2016) mengungkapkan, sebenarnya peringatan hari AIDS sedunia diperingati setiap tanggal 1 Desember, namun KPAD Kabupaten Balangan lebih dulu melaksanakan.

"Kegiatan pencegahan penularan HIV/AIDS tidak harus hanya tanggal 1 Desember, bukankah lebih cepat itu lebih baik," ungkapnya.

Ditambahkan olehnya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang HIV/AIDs maka KPAD Kabupaten Balangan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dengan menggunakan Budaya lokal yaitu bakisah dengan menghadirkan ustad Mr. Gam.

"Harapannya dengan menggunakan media tersebut, pesan yang ingin kami sampaikan akan lebih mudah untuk diterima," ujarnya.

Ditambahkannya, dengan adanya peringatan HIV/AIDS ini diharapkan supaya kita sendiri memiliki kesadaran untuk berusaha menghindar dari penyakit yang mematikan ini, dan berupaya menjaga agar keluarga kita, teman, tetangga, dan seluruh saudara sebangsa kita tidak terjangkiti HIV/AIDS, serta untuk menunjukkan kepedulian kita kepada para penderita HIV/AIDS.

Sementara itu Kasi Pemberantasan Penyakit (P2), H. Abdullah Majidi, SKM memaparkan Jumlah kasus HIV/AIDs di Kabupaten Balangan Sampai dengan Tahun 2016, tercatat 11 penderita positif HIV/AIDs dan tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Balangan.

"Dari tahun 2010 sampai tahun 2015, kita hanya menemukan 5 kasus positif , sedangkan selama tahun 2016 ini ditemukan kasus positif HIV 6 orang, artinya terjadi peningkatan kasus yang sangat signifikan,dan memerlukan perhatian lebih dari semua pihak," paparnya.

Ditambahkannya Tema Hari HIV/AIDs Sedunia tahun 2017 adalah ‘Mari Kita Berubah, Masa Depan Gemilang Tanpa AIDS', dan selain acara ‘Bakisah' yang akan dilaksanakan malam ini,tanggal 1 Desember di Terminal Paringin akan dilaksanakan aksi simpatik bersama dengan Pokja Remaja HIV/AIDS berupa pembagian suvenir menarik , terakhir tanggal 2 Desember di Lapangan Hijau Dispora diadakan senam dan kuis berhadiah.

"Semoga dengan adanya kegiatan Peringatan hari AIDS sedunia ini, kami mengajak Sobat semua untuk turut peduli pada persoalan ini, agar Indonesia lebih kuat dan mempunyai masa depan yang lebih cerah," Ujarnya.[Rie]

 

 

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"