TERASIK DINKES, DATA KEPEGAWAIAN TAK PERLU REPOT

Admin Kamis, 24/11/2016 Internal 949 hits

Paringin-Tak berapa lama lagi, seluruh PNS di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan tidak perlu repot-repot lagi membongkar berkas dokumen kepegawaiannya,semua tersedia di Dinas Kesehatan. Selama ini untuk urusan kepegawaian seperti Usul Berkala, Naik Pangkat dan lain sebagainya, mau tidak mau kita harus membawa sekian banyak berkas.

Dinkes Balangan Program TerasikAtau lantaran lupa, ada berkas yang terselip entah kemana, dan kita pun dijadikannya pusing 7 keliling, sampai-sampai tugas utamanya bisa terbengkalai hanya untuk menyiapkan berkas dokumennya. Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan MKL,SKM,M.Kes yang ditemui di Paringin, Kamis (24/11) mengungkapkan , semua dokumen atau arsip karyawan dan karyawati dilingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan akan berbentuk arsip digital sehingga semua file tersebut bisa dilihat dan dicetak kapan saja.

"Semua arsip tersebut bentuk fisiknya berubah, dari lembaran kertas menjadi lembaran elektronik," ungkapnya.

Ditambahkannya, hal ini dimungkinkan dengan adanya aplikasi 'Terasik' atau Komputer Kearsipan elektronik yang telah di launching pada Rapat Kerja Kesehatan Kabupaten Balangan, hari Rabu kemaren tanggal 23 Nopember 2016 di Aula Inspektorat. "Terasik ini digunakan dalam rangka tertib pengelolaan tata naskah," ujarnya.

Dijelaskannya, Terasik merupakan aplikasi yang memiliki fasilitas untuk dapat menyimpan data-data arsip dalam bentuk elektronis, dengan kemudahan pencarian kembali data-data tersebut dengan mudah dan cepat berdasarkan judul arsip. "Jelas ini akan sangat memudahkan baik bagi pegawai, juga bagi kepegawaian di Dinkes Kabupaten Balangan," pungkasnya.

Sementara itu, Kasubag Kepegawaian Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, norhilaliyah, SKM ikut menambahkan, selain  memiliki fasilitas untuk menyimpan data secara elektronis, Terasik juga memiliki fasilitas untuk menyimpan informasi tentang keberadaan secara fisik dari arsip tersebut, arsip-arsip yang disimpan dalam Terasik adalah dokumentasi arsip fisik yang dipindai atau di scan menjadi data elekronis.

"Sehingga kecil kemungkinan file akan hilang, karena kita hanya akan melihat di layar monitor atau mencetak tanpa dapat mengubahnya," tuturnya. Ditambahkan olehnya, saat ini Terasik masih dalam tahap sosialisasi, namun harapannya mulai terhitung tanggal 15 Desember 2016, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan dan jaringannya sudah mulai menginput data Terasik, sehingga tahun 2017 terasik sudah dapat dimanfaatkan.

Menanggapi tentang Aplikasi Terasik, Kasubag TU Puskesmas Batu Mandi, Abdurrahman yang ditemui di Puskesmas Batu Mandi, Kamis (24/11), mengatakan aplikasi Terasik jelas sangat memudahkan sistem pengarsipan kepegawaian, dan bahkan segala informasi  yang berhubungan dengan  kepegawaian seperti kenaikan pangkat, tingkat, dan juga berkala semua mudah tersaji dengan aplikasi tersebut. "Kita tidak perlu rak atau lemari arsip yang sangat memakan tempat, tinggal hidupkan komputer atau laptop,buka aplikasi terasik, maka segala informasi yang dibutuhkan akan ada disana tanpa harus repot-repot meninggalkan meja kerja," ujarnya.[Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"