HKN KE-52, PUSKESMAS UREN PINDAH KE TANJUNGAN JALAMU.

Admin Minggu, 20/11/2016 Internal 1072 hits

Uren, Paringin - Tanjungan Jalamu Anak Desa Marajai ini merupakan Dusun yang sangat terpencil, berada di tengah-tengah gunung kurihay dan wihayan, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan.

Dacil Dusun Tanjungan Jalamu Puskesmas UrenDusun ini hanya bisa dicapai dengan jalan kaki dari dari Dusun Tinggar, sedangkan dari Puskesmas Uren ke Dusun Tinggar dengan menggunakan kendaraan roda 4 ditempuh dalam waktu kurang lebih 30 menit.

kawasan Meratus yang harus dilewati dengan jalan kaki selama kurang lebih 3 jam yang oleh masyarakat sebagai wilayah Gunung Haliang dengan kondisi jalan setapak yang ¼ nya diberi pengerasan semen sedangkan sisanya berupa jalan setapak tanpa pengerasan dan cenderung menanjak, menjadikan petugas kesehatan yang ditugaskan kesana cukup mengalami kesusahan untuk mencapainya.

Kepala Puskesmas Uren, Rudi Kresna yang ditemui di Dusun Tinggar, Jum'at (18/11) mengungkapkan tujuan dari ini semua adalah untuk lebih mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama di daerah sulit dan sangat terpencil.

"Kegiatan ini dinamakan Pelayanan Kesehatan Daerah Terpencil," ungkapnya.

Dacil Dusun Tanjungan Jalamu Puskesmas UrenDitambahkannya, kegiatan ini merupakan sebuah upaya memberikan pelayanan kesehatan seperti halnya di Puskesmas, namun untuk kasus-kasus yang berat tetap dilaksanakan rujukan ke puskesmas uren.

"Tidak ada niat ataupun perencanaan untuk memindahkan kantor,hanya berusaha memberikan pelayanan kesehatan seperti halnya di Puskesmas," pungkasnya.

Sementara itu, dr. Volman tenaga medis pelayanan kesehatan daerah terpencil menginformasikan bahwa, kasus berat yang pernah mereka hadapi adalah penyakit malaria yang memang pernah menjadi endemis di wilayah ini.

"Untuk memastikan dugaan Malaria harus dilakukan pemeriksaan laboratorium, untuk itu kalau tidak bisa diperiksa di lapangan dengan RDT, akan kami lakukan rujukan ke Puskesmas ataupun Puskesmas Halong untuk pemeriksaan laboratorium ataupun rawat nginap ," ujarnya.

Phbs Anak Pedalaman Puskesmas UrenDitambahkan olehnya, secara ketenagaan Puskesmas Uren memang belum ada petugas analis kesehatan, meskipun ada petugas yang telah dilatih untuk pemeriksaan laboratorium itu khusus untuk pemeriksaan malaria, untuk pemeriksaan yang lebih komplek tetap harus dirujuk ke Puskesmas Halong yang ada petugas laboratoriumnya.

Meskipun demikian, Tirtha Petugas kesehatan pengelola UKGS menyampaikan bahwa dalam pelayanan kesehatan di Dusun Tanjungan Jalamu kali ini akan sedikit berbeda dari sebelum-sebelumnya, karena selain ingin merayakan Hari Kesehatan Nasional, Puskesmas Uren juga akan menyerahkan bantuan dari beberapa donator kepada anak-anak yang sekolah di SD kecil yang ada ditempat itu.

"Bantuan yang kami serahkan ini berasal dari para donator yang merasa terpanggil memberi kan bantuan kepada anak-anak sekolah di Pedalaman," ujarnya.[Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"