KPK-AR KABUPATEN BALANGAN, CETAK 40 DUTA REMAJA ANTI ROKOK

Admin Kamis, 10/11/2016 Internal 750 hits

Paringin - 40 Pelajar di Kabupaten Balangan mengikuti Pemilihan Duta Remaja Anti Rokok yang diselenggarakan Koalisi Profesi Kesehatan- Anti Rokok (KPK-AR) Kabupaten Balangan bersama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.

Duta Remaja Anti Rokok Balangan 2016"Mereka terdiri dari perwakilan pelajar atau Kader Kesehatan Remaja dari 20 SLA sederajat di Kabupaten Balangan," kata ketua panitia KPK-AR Kabupaten Balangan Ahmad Mahyuni, MPH yang ditemui di sela-sela Pemilihan Duta Remaja Anti Rokok Kabupaten Balangan 2016 di Aula Dinas Kesehatan jl. A.Yani KM 2.5 Paringin, Kamis (10/11/16).

Ditambahkan olehnya, Pelajar merupakan bagian dari masyarakat yang diharapkan mampu mengambil peran positif dalam upaya peningkatan kesehatan.

"Oleh Karena itu KPK-AR bersama Dinas Kesehatan mengadakan pemilihan Duta Anti Rokok bagi para remaja sekolah. Duta itu selanjutnya diharapkan akan mampu mendukung kegiatan KPK-AR dan Dinas Kesehatan dalam bidang promosi kesehatan," ujarnya.

Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan, Herry Rosandy, SKM menambahkan bahwa, tema dalam kegiatan ini adalah ‘Duta Remaja Anti Rokok sebagai Agent of Change yang berperilaku hidup bersih dan sehat khususnya dalam penerapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR)'.

"sebelum dipilih menjadi Duta Remaja Anti Rokok, para peserta akan diberikan pengayaan tentang Perda Kabupaten Balangan nomor 15 Tahun 2014, Rokok dan bahayanya, juga tehnik dasar penyuluhan," pungkasnya.

Sebelum mengakhiri wawancara dijelaskannya, nanti akan ada 40 Duta Remaja Anti Rokok untuk sekolah masing-masing, sedangkan yang terbaik akan menjadi Duta Remaja Anti Rokok Kabupaten Balangan.

Duta Remaja Anti Rokok Balangan 2016 KPK ARKegiatan ini dibuka secara resmi oleh plt. Kepala Dinas Kesehatan, yang diwakili oleh Kabid Kesga Dinas Kesehatan Hj. Ainun Faridah, SKM yang menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan hal yang penting dan strategis, karena selain mensukseskan Visi Pemerintah Kabupaten Balangan, juga sebagai terobosan baru karena Program dan Kegiatan KPK-AR yang ada selama ini masih berorientasi pada advokasi, sosialisasi Perda KTR dan upaya rehabilitasi bagi perokok namun belum merambah ke pemberdayaan masyarakat.

"Untuk itu Saya berharap, mudah-mudahan dengan pemilihan Duta Remaja Anti Rokok Kabupaten Balangan Tahun 2016 ini, Kader kesehatan kita semakin terarah kualitasnya baik pengetahuan, sikap dan praktiknya dalam kehidupan sehari-hari sesuai mengenai anti rokok," ujarnya yang disambut aplaus dari seluruh peserta.[Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"