BANGUN NEGERI PUSKESMAS TEBING TINGGI DATANGI NANAI (BAGIAN I)

Admin Kamis, 03/11/2016 Internal 715 hits

Dusun Nanai,Prg-Kemajuan Sebuah negara didasari oleh 2 hal penting,Pendidikan dan Kesehatan.

dacil dusun Nanai Puskesmas Tebing TinggiUntuk memenuhi pelayanan kesehatan kepada masyarakat adat terpencil,Puskesmas Tebing Tinggi melaksanakan Pelayanan Kesehatan Daerah Terpencil (Dacil) di Dusun Nanai Selama 2 hari, Rabu-Kamis 2 sampai 3 Nopember 2016.

 

"Meskipun hanya ada 9 KK,semua harus dilayani. Sekali lagi ini bukan semata-mata tentang masalah jumlah,namun lebih kepada bagaimana urusan wajib pemerintah ini dipenuhi," jelas M.Hazairin,Kasubag TU Puskesmas Tebing Tinggi disela-sela pelayanan kesehatan di Dusun Nanai.

Pelayanan Kesehatan dilaksanakan di Balai Adat Dusun Nanai yang persis berada menghadap aliran sungai pitap.

Bila sebelumnya dan malam-malam lainnya Balai Adat temaram karena cahaya templok,sejak tahun 2015, balai adat sudah mempunyai genset yang biasanya digunakan hanya untuk kegiatan-kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan di Dusun Nanai.

Dusun Nanai merupakan anak Desa Ajung yang didiami oleh masyarakat adat Dayak Pitap,di kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Balangan.

"Belum ada sarana transportasi yang sampai kesini,akses jalan seperti yang kita lewati tadi, berupa jalan setapak,mendaki, terjal, dan hanya bisa dilalui dengan jalan kaki selama 3jam lebih. Kalaupun ada itu hanya rakit bambu yang hanya bisa digunakan oleh masyarakat ke hilir mengikuti arus Sungai Pitap,itu saja" terangnya.

Pelayanan kesehatan dimulai pukul. 19.00, dan tidak ada batasan waktu pelayanan, hal ini dikarenakan tidak setiap saat petugas kesehatan ada didaerah yang sangat terisolir ini.

Karena kesibukannya melayani masyarakat yang ingin diperiksa kesehatannya, wawancara malam itu diakhirinya dengan ucapan, "Selamat datang di Meratus".

Kasi Yandasru Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan yang ikut mendampingi pelayanan kesehatan daerah terpencil, Hanny Rahfany, SKM mengungkapkan, pelayanan kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan Puskesmas melalui pengembangan Inovasi pelayanan di Puskesmas sesuai keadaan dan kebutuhan masyarakat, meningkatkan dukungan sumber daya kesehatan didaerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan.

"Dengan terlaksananya pelayanan kesehatan di daerah terpencil diharapkan dapat meningkatkan hasil kinerja program," ungkapnya.

Ditambahkannya, peningkatan hasil kinerja program program ini diantaranya adalah meningkatnya cakupan penyuluhan kesehatan masyarakat, meningkatnya cakupan pelayanan pengobatan, meningkatnya persentase desa yang mencapai UCI, dan meningkatnya cakupan pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak dan gizi, serta menurunnya angka kematian ibu dan anak.  [Rie]

Bersambung kecatatan jejak pelayanan dacil di dusun Nanai


: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"