KPK-AR : PENILAIAN PERERAPAN KAWASAN TANPA ROKOK DI SKPD & PEMILIHAN DUTA REMAJA ANTI ROKOK KABUPATEN BALANGAN TAHUN 2016.

Admin Senin, 31/10/2016 Internal 805 hits

Paringin - Koalisi Profesi Kesehatan Anti Rokok (KPK-AR) Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan melaksanakan Penilaian SKPD dalam penerapan Kawasan Tanpa Rokok  dan Pemilihan Duta Remaja Anti Rokok Kabupaten Balangan Tahun 2016.


Ditemui di Dinas Kesehatan  Kabupaten Balangan, Senin (31/10) Ketua KPK -AR  A. Mahyuni mengungkapkan, kegiatan ini dikemas dalam bentuk lomba.

"Kegiatan ini merupakan program kerja KPK-AR Tahun 2016 dalam rangka penguatan Perda Nomor 15 Tahun 2014," ujarnya.

Ditambahkannya, aspek yang dinilai pada lomba SKPD Kawasan Tanpa Rokok meliputi point-point yang tercantum dalam peraturan tersebut.

Sementara itu, Sekretaris KPK -AR Ariyani, S.Kep, Ns menambahkan, Penilaian  SKPD akan dilaksanakan mulai besok tanggal 1 sampai tanggal  4 Nopember 2016 dengan mengunjungi SKPD-SKPD di Kabupaten Balangan. 

Sedangkan untuk pemilihan Duta Remaja Anti Rokok sasarannya siswa-siswi setingkat SLTA sekabupaten Balangan.

"untuk  pelaksanaan pemilihan Duta Remaja Anti Rokok nanti akan dilaksanakan pada tanggal 10 Nopember 2016, saat ini kami masih dalam tahap penyusunan, dan secepatnya akan kami sampaikan ke Sekola-sekolah," ujarnya.

Dijelaskan olehnya, masing-masing sekolah akan akan akan dikirimi surat pemberitahuan, dan setiap sekolah hanya mengirimkan 1 orang putra dan 1 orang putri sebagai perwakilan sekolah.

"Sebelum menjadi Duta Remaja Anti Rokok, mereka akan diberikan pengayaan terutama tentang peraturan daerah tentang KTR di Kabupaten Balangan, pengantar tentang bahaya rokok, dan tehnik-tehnik dalam penyuluhan kesehatan," terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa dalam pemilihan Duta Remaja Anti Rokok ini tidak ada yang menang dan tidak ada juga yang kalah, namun hanya ada yang terbaik atau lebih menonjol diantara yang lainnya.

"Bagi Peserta yang terbaik, akan di nobatkan sebagai  Duta Remaja Anti Rokok Tingkat Kabupaten Balangan pada hari Puncak Hari Kesehatan Nasional Tahun 2016, sedangkan sisanya akan menjadi Duta Remaja Anti Rokok di Sekolah mereka, dan menjadi motor penggerak Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di lingkungan mereka ," pungkasnya.

Seperti yang telah diketahui sebelumnya, penetapan kawasan tanpa rokok di Kabupaten Balangan telah ditetapkan sejak 14 September 2014 dengan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2014 oleh Bupati Balangan pertama  H. Sefek Effendi, dan sejak adanya peraturan tersebut, terbentuklah Koalisi Profesi Kesehatan Anti Rokok di Lingkungan Dinas Kesehatan. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"