3 WARNA ENYAHKAN KAKI GAJAH DARI BALANGAN

Admin Rabu, 05/10/2016 Internal 989 hits

Paringin-Untuk Kabupaten Balangan yang dinyatakan endemis kaki gajah dipastikan aman dengan hanya 3 warna yaitu Merah,Kuning,dan Hijau.

"Pastikan semua masyarakat di Kabupaten Balangan menerimanya sesuai umur yang ditetapkan dalam 3 warna tersebut," kata Plt Kabid P2PL Dinkes Kabupaten Balangan,Hj.St.Raudah,SKM yang ditemui diruang kerjanya,Rabu (5/10/2016).


Dijelaskannya, warna-warna ini merupakan etiket obat yang digunakan dalam Bulan Eliminasi kaki Gajah di Kabupaten Balangan tahun 2016 selama Bulan Oktober 2016.

"Untuk warna etiket merah bagi usia 2-5 tahun,Kuning 6-14 tahun, dan Hijau untuk mereka yang berusia lebih dari 14 tahun," pungkasnya.

Sementara itu, Kasi P2, H.Abdullah majidi,SKM menambahkan, Penggunaan warna-warna ini tujuannya untuk memudahkan pengelompokkan dosis obat berdasarkan umur,dan memudahkan petugas dalam mendistribusikannya kepada masyarakat.

"Dalam program eliminasi kaki gajah di kabupaten balangan ini, dalam etiket obat selain warna yang menunjukkan digunakan oleh umur tertentu,juga ditambahkan tentang keterangan komposisi obat,aturan penggunaan dan pemakaian seperti kapan diberikan,untuk siapa diberikan,dan tindakan apa saja yang harus dilakukakn seandainya terdapat efek sampingan obat," urainya.

Dipaparkannya, Setiap masyarakat Kabupaten Balangan akan mendapat obat pencegahan kaki gajah berupa obat berdasar golongan umur yaitu Usia 2-5 tahun dosis DEC dan albendazole sebanyak 1 tablet, usia 6-14 tahun dosis DEC sebanyak 2 tablet dan albendazole 1 tablet, serta usia lebih dari 14 tahun dosis DEC sebanyak 3 tablet dan albendazole sebanyak 1 tablet.

"Sebaiknya obat ini diminum sekaligus sore atau malam hari setelah makan, selanjutnya akan diulang lagi ditahun-tahun berikutnya selama minimal 5 tahun. dengan mengikuti program ini,maka dapat kamj pastikan Kabupaten Balangan akan bebas dari kaki gajah," ujarnya.

Diakhir wawancara, Kasi Pemberantasan Penyakit ini menjelaskan, Program Pemberian Obat Massal (PPOM) Kaki Gajah tidak dilaksanakan atau ditunda, kepada anak kurang dari 2 tahun, ibu hamil, penderita gangguan fungsi ginjal, penderita epilepsi, penderita penyakit jantung dan pembuluh darah, penduduk yang sedang sakit berat, penderita filariasis kronis sedang mengalami serangan akut serta anak dengan marasmus atau kwarshirkor. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"