PUSKESMAS JUAI TUAN RUMAH PENCANANGAN BULAN ELIMINASI KAKI GAJAH KABUPATEN BALANGAN TAHUN 2016.

Admin Selasa, 04/10/2016 Internal 718 hits

Paringin - lokasi pelaksanaan  di Desa Hukai yang berjarak kurang lebih 11KM dari Puskesmas Juai di Desa Mungkur Uyam, acara dihadiri oleh Bupati Balangan yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM,seluruh Unsur Muspida di kabupaten Balangan,termasuk semua Kepala Puskesmas.


"Desa Hukai dipilih sebagai lokasi pelaksanaan Pencanangan karena di ini dari hasil survey darah jari yang dilaksanakan akhir tahun 2014 kemaren,ditemukan beberapa kasus dan microfilaria positif," kata Kepala Puskesmas Juai, H.Nuryono,S.Kep,disela-sela kegiatan Pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah di Desa Hukai,selasa (4/10/2016).

ditambahkan olehnya, Pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah Kabupaten Balangan 2016 ini juga menandai bahwa tidak hanya Masyarakat Desa Hukai yang wajib minum Pemberian Obat pencegahan dan Pengobatan Kaki Gajah di bulan oktober ini,namun juga semua lapisan masyarakat di kabupaten Balangan.

"wilayah kerja Puskesmas Juai itu terdiri dari 16 Desa,dan kami targetkan warga yang berusia 2  sampai 70 tahun kecuali bumil,menyusui,penyakit kronis,post operasi,hipertensi,dan lain-lain mengkonsumsi obat pencegahan Kaki Gajah 100% sebelum usai bulan oktober," pungkasnya.

sementara itu,Pengelola Program Filariasis Puskesmas Juai, Aries Sulistiyo,S.Kep Menambahkan,pelaksanaan kegiatan Bulan Eliminasi kaki Gajah di wilayah kerja Puskesmas akan melibatkan dokter,perawat,bidan,dan petugas kesehatan lainnya, selanjutmya sebelum diberikan obat dilaksanakan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

"Dalam 1 Desa direncanakan selesai dalam 3 hari,yaitu 1 hari pengobatan,hari ke-2 untuk memantau reaksi Obat dan hari ke-3 dilaksanakan sweeping. Obat Pengobatan dan Pencegahan Penyakit kaki gajah ini bisa didapatkan di Puskesmas dan Pos obat yang ada disetiap Desa,gratis tidak dipungut biaya" tuturnya.

dipaparkan olehnya, setelah minum obat dihadapan petugas, masyarakat baru boleh pulang setelah 15 menit kemudian.

"Agar obat dapat bekerja dengan baik,sebaiknya obat diminum setelah makan sore atau malam hari, selanjutnya bila ada reaksi obat segera hubungi bidan atau tenaga medis terdekat." pungkasnya mengakhiri wawancara.[Rie]

: tanpa label

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"