KADINKES & UNSUR MUSPIDA BALANGAN MINUM OBAT PENCEGAHAN KAKI GAJAH DI DESA HUKAI

Admin Selasa, 04/10/2016 Internal 691 hits

Paringin - Desa Hukai Kecamatan juai menjadi lokasi pelaksanaan Pencanangan Eliminasi Kaki Gajah Kabupaten Balangan Tahun 2016.

Seremonial minum obat pencegahan kaki gajah oleh Kepala Dinas Kesehatan dan Unsur Muspida Kabupaten Balangan menjadi acara puncak pencanangan yang dilaksanakan hari ini,Selasa (4/10/2016).

Acara pencanangan dibuka oleh Bupati Kabupaten Balangan yang dalam kata sambutannya diwakili dan dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM,H.Herman Asmuni,S.Sos,MAP.

Disampaikannya,program eliminasi penyakit kaki gajah merupakan salah satu prioritas nasional pengendalian penyakit menular.

"Kabupaten Balangan sekarang ini menjadi kawasan endemis penyakit Filariasis atau Kaki Gajah, karena hasil survey sediaan darah tebal yang telah dilaksanakan menunjukkan angaka microfilaria 9.35%,sehingga perlu dilaksanakan Program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM),Kepada seluruh Masyarakat Kabupaten Balangan yang berusia 2-70 Tahun," ujarnya.

Sementara itu, Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten balangan,H.Akhmad Nasa'i,S.Kep,M.M., menambahkan,Program Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) ini bertujuan untuk menghentikan siklus hidup cacing filaria penyebab penyakit kaki gajah secara permanen yaitu dengan memutuskan mata rantai penularan,dan upaya pencegahan serta membatasi kecacatan akibat penyakit kaki gajah.

"POPM Penyakit Kaki Gajah harus dilaksanakan sekali setahun selama minimal 5 (lima) tahun berturut-turut dan dilaksanakan setiap bulan Oktober," tuturnya.

dijelaskan olehnya, semua masyarakat diwilayah kabupaten Balangan yang berusia 2 - 70 tahun wajib minum obat pencegahan massal yang merupakan kombinasi obat DEC dan Albendazole.

"Pengobatan ini ditunda pemberiannya bagi mereka yang berusia kurang dari 2 tahun,wanita hamil,dan penderita penyakit kronis," ujarnya.

Sebelum mengakhiri wawancara,Plt.Kepala Dinas menyampaikan untuk obat pencegahan ini bisa didapatkan di pos obat desa,Kader kesehatan,dan puskesmas terdekat.

"Dengan Minum obat pencegahan, masyarakat sebenarnya mendapatkan manfaat ganda,yaitu dimatikan atau memandulkannya cacing filaria dewasa  penyebab penyakit kaki gajah,juga mematikan cacing perut seperti cacing gelang,tambang,cambuk,dan kremi," pungkasnya.[Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"