BUPATI BALANGAN CANANGKAN BULAN ELIMINASI KAKI GAJAH DIDESA HUKAI BESOK

Admin Senin, 03/10/2016 Internal 736 hits

Paringin-pencanangan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) akan dilaksanakan besok,hari selasa 4 oktober 2016 di Desa Hukai,Kecamatan Juai.

Plt. Kabid P2PL,Hj.St.Raudah,SKM menjelaskan Acara pencanangan ini rencananya akan dibuka oleh Bupati Balangan dan dihadiri oleh seluruh unsur Muspida Kabupaten Balangan.

"Program Eliminasi penyakit kaki gajah dilaksanakan berupa pemberian obat pencegahan massal di seluruh Kabupaten Balangan,dilaksanakan selama bulan Oktober 2016, dengan sasaran Masyarakat berusia 2-70 tahun," ujarnya saat ditemui di Dinkes Kabupaten Balangan,Senin (3/10/2016).

ditambahkan olehnya,pemberian obat ini akan dilaksanakan sekali setahun selama 5 (lima) tahun,yaitu dengan minum obat Albendazol dan DEC yang diberikan oleh petugas atau kader kesehatan dan langsung diminum di hadapan petugas.

"Minum obat pencegahan kaki gajah akan dilaksanakan dihadapan petugas,hal ini untuk memastikan bahwa obat sudah terminum,dan reaksi negatif yang mungkin timbul pasca minum obat,dapat dicegah dan teratasi," pungkasnya.

sementara itu, Kasi P2 Dinkes Kabupaten balangan, H.Abdullah Majidi,SKM menambahkan kasus Kaki gajah di Kabupaten Balangan menunjukkan Angka Microfilaria sebesar 9.53%.

"sedang organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan endemis bila hasil Survey Darah Jari lebih dari 1%.meskipun balangan dengan angka yang sangat pantastis,kami optimis dengan dukungan semua pihak dan masyarakat kasus kaki gajah dapat dienyahkan dari kabupaten Balangan," tuturnya.

ditambahkan olehnya,sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi tentang belkaga ini di aula inspektorat,dan semua pemangku kepentingan termasuk kepala siap mendukung dan mensukseskan eliminasi kasus kaki gajah di kabupaten Balangan.[rie]

 

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"