AKHIRI ENDEMIS KAKI GAJAH KABUPATEN BALANGAN

Admin Rabu, 07/09/2016 Internal 1011 hits

Paringin - organisasi kesehatan Dunia (WHO) menyatakan endemis kaki gajah apabila hasil survey darah jari (SDJ) diatas 1%,sedang kabupaten Balangan didapatkan angka Micro-filaria  yang sangat fantastis sebesar 9.53%.

"untuk memutus mata rantai penularan kaki gajah(filariasis) dilaksanakan Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) diseluruh wilayah Kabupaten Balangan dengan sasaran semua penduduk berusia 2 sanpai 70 tahun 1 kali setahun selama 5 tahun berturut-turut,"Kata Wakil Bupati Balangan, H. Syaifullah menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka secara resmi pertemuan koordinasi pemberian obat pencegahan filariasis (kaki gajah) di kabupaten Balangan tahun 2016 dalam rangka pelaksanaan Bulan eliminasi kaki Gajah (Belkaga), di Aula Inspektorat Kabupaten Balangan (7/9).

dalam acara ini juga dilakukan penanda tanganan komitment bersama untuk mendukung dan mensuskeskan pemberian obat pencegahan obat filariasis yang akan segera dilaksanakan.

sementara itu Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Balangan, Humam Arifin,SKM,M.Kes menambahkan, pada kasus-kasus tertentu POPM kaki gajah ditunda apabila usia masih kurang dari 2 tahun,ibu hamil,penderita gangguan fungsi hati,penderita epilepsi,sedang sakit berat,penderita kronis filariasis dalam serangan akut,serta anak yang marasmus. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"