PELATIHAN KEAMANAN PANGAN (PKP) INDUSTRI RUMAH TANGGA SEKABUPATEN BALANGAN

Admin Senin, 15/08/2016 Internal 1515 hits

Paringin- Sampai bulan agustus 2016, di Kabupaten Balangan produk industri rumah tangga yang telah terdaftar berjumlah 63 produk, sebagai salah satu uapaya mendukung meningkatnya Industri Rumah Tangga ini, maka Dinas Kesehatan mengadakan acara pelatihan keamanan pangan bagi pelaku industri rumahan.


"Diharapkan setelah pelatihan, pelaku usaha industri rumahan ini semakin mengetahui tentang Cara Produksi Pangan yang Baik (CPPB) , karena ini merupakan salah satu faktor penting untuk memenuhi standar mutu atau persyaratan keamanan pangan," ujar Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Kabupaten Balangan, H. Akhmad Nasa'i, S.Kep,MM, saat membuka pelatihan Keamanan Pangan (PKP) Pelaku Industri Rumah Tangga, Senin  (15/8/16) di Aula Atas, dan diikuti sebanyak 40 orang pelaku usaha Industri  Rumah Tangga.

Dijelaskannya CPPB sangat berguna bagi kelangsungan hidup industri pangan, baik yang berskala kecil, sedang, maupun yang berskala besar.

"Dengan  menerapkan prinsip CPPB, maka industri rumah tangga pasti akan mampu menghasilkan produk pangan yang bermutu, layak dikonsumsi, dan aman bagi kesehatan, sehingga tingkat kepercayaan masyarakat akan produk olahannya akan semakin meningkat dan usahanya pun semakin berkembang pesat," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Farmasi Sarana dan Prasarana Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Rusmilawati., menambahkan, setelah pelatihan ini semua peserta yang mengikuti pelatihan akan diberikan Sertifikat Penyuluhan keamanan Pangan (PKP) yang merupakan salah satu syarat untuk mendaftarkan produk Industri Rumah Tangga.

"untuk materi yang diberikan diantaranya adalah tentang kebijakan nasional tentang pengaturan P-IRT, peraturan perundang-undangan tentang keamanan pangan, pengawetan pangan, bahan tambahan pangan (BTP), cara produksi pangan yang baik(CPPB) IRT, pengemasan pangan, Higiene dan sanitasi, dan Cara produksi pangan yang baik (CPPB) IRT. Untuk narasumber berasal dari Kabupaten Balangan dan Provinsi Kalimantan Selatan, " Pungkasnya. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"