SEROSURVEY HIV/AIDS SASAR WARUNG MALAM

Admin Juma't, 12/08/2016 Internal 1613 hits

Paringin -Selain rata-rata para penjaganya berparas cantik, para penjaga warung malam selalu diidentikkan dengan image negatif, dan perilaku yang berisiko dengan kasus HIV/AIDs.

"Untuk itulah maka sasaran Sero survey yang kami laksanakan di Kabupaten Balangan adalah para wanita penjaga warung  yang ada disepanjang jalan Akhmad Yani sampai menuju perbatasan dengan Kabupaten Tabalong, " kata Pengelola Program HIV/AIDs Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, sekaligus Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDs  Provinsi Kalimantan Selatan,Mursalin, SKM,M.Kes., saat  pelaksanaan serosurvey pada salah satu Warung malam  diwilayah Kecamatan Paringin, Jum'at (12/8/16) dinihari.

Dijelaskannya, Serosurvey  HIV/AIDs dilaksanakan dengan  mengambil sampel darah untuk mendeteksi apakah seseorang mengandung virus HIV/AIDS atau tidak.

"Dengan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik, dan secara kebetulan pula BNN Kabupaten Balangan pun melaksanakan test Narkoba dengan sasaran yang sama dengan kami," terangnya.

Sementara itu, Aswadi Rosyadi,S.Kep., pengelola program HIV/AIDs Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan menambahkan, tidak ada pemaksaan dalam pemeriksaan ini, pengambilan darah hanya dilakukan pada mereka yang bersedia dan dikuatkan dengan lembar persetujuan yang telah disiapkan.

"sebelumnya kami juga pernah melaksanakan kegiatan Ini sebelumnya, meskipun tidak ada kasus positif pada penjaga warung sebelumnya, kegiatan ini harus tetap dilaksanakan sebagai screening, sekaligus upaya pencegahan penularan HIV/AIDs  di Kabupaten Balangan," jelasnya.

Diterangkannya, pelaksanaan serosurvey  yang dilaksanakan sejak sejak pukul 21:00 sampai dengan pukul 03:00 dinihari ini telah dapat mengumpulkan sampel darah sebanyak 30, dan selanjutnya akan dilaksanakan analisa darah di laboratorium.[Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"