DINKES KABUPATEN BALANGAN SOSIALISASI AKREDITASI PUSKESMAS

Admin Kamis, 11/08/2016 Internal 1142 hits

Paringin - Tahun 2019 semua Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama seperti Puskesmas diseluruh Indonesia harus terakreditasi. Bila tidak BPJS tidak boleh bekerjasama dengan Puskesmas tersebut dalam meberikan pelayanan kuratif tingkat pertama.


"Akreditasi Puskesmas merupakan suatu bentuk pengakuan akan kemampuan puskesmas dalam hal sistem manajeman mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sesuai dengan standar yang ditetapkan," kata Noor Ali Purnama, SKM.,narasumber Sosialisasi Akreditasi Puskesmas Tingkat Kabupaten Balangan, yang diselenggarakan di Aula Bawah Dinkes Kabupaten Balangan, Kamis (11/8).

Narasumber yang juga Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan ini juga menjelaskan, penilaian akreditasi Puskesmas paling sedikit 3 tahun sekali, dengan cara demikian diharapkan semua puskesmas dapat memberikan pelayanan yang berkualitas pada semua masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

Acara sosialisasi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, H. Akhmad Nasa'i, S.Kep, MM, dan dihadiri oleh kepala Puskesmas, penanggung jawab Upaya Kesehatan Masyarakat, Penanggung Jawab Upaya Kesehatan Perorangan, dan Admin Puskesmas Sekabupaten Balangan.

Dijelaskan olehnya, Sesuai dengan Permenkes Nomor 75 Tahun 2014, Puskesmas sebagai Unit PelaksanaTeknis Dinas kesehatan harus dapat memberikan pelayanan yang bersifat Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya kesehatan Masyarakat (UKM) dengan baik.

"Pelayanan yang bermutu dan berkualitas dapat diwujudkan apabila ada standar yang jelas sebagai pedoman dalam pelaksanaan dan pengawasannya, Untuk meujudkan hal itu maka sesuai dengan Permenkes diatas setiap Puskesmas harus terakreditasi dengan baik dan diharapkan pada akhir tahun 2018 Puskesmas telah mendapatkan piagam akreditasi minimal akreditasi dasar," tuturnya.

Ditambahkannya, untuk mewujudkan Akreditasi Puskesmas membutuhkan perhatian dan tenaga yang ekstra dari masing-masing Puskesmas, hal ini disebabkan karena cukup banyak dokumen yang harus disiapkan, untuk peran dari kepala Puskesmas dalam menggerakkan tim akreditasi di masing-masing Puskesmas sangat diharapkan.

"Untuk akreditasi Puskesmas di Kabupaten Balangan, dilaksanakan secara bertahap. Dan untuk tahun 2016 ini, setidaknya 3 puskesmas sudah terakreditasi, yaitu Puskesmas Paringin, Paringin Selatan, dan Juai," pungkasnya.

Puskesmas sebagai salah satu instansi pelayanan publik sangat dituntut sekali untuk dapat memberikan pelayanan yang berkualitas pada semua masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Untuk mencapai hal tersebut Dinas Kesehatan kabupaten Balangan melaksanakan sosialisasi Akreditasi Puskesmas pada semua Puskesmas yang diharapkan dapat mempersiapkan diri menuju Puskesmas dengan akreditasi tersebut.[Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"