BPOM PUSAT KUNJUNGI P-IRT BALANGAN

Admin Rabu, 03/08/2016 Internal 976 hits

Paringin- Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT), terus tumbuh dan berkembang di kabupaten Balangan,selain untuk meningkatkan ekonomi keluarga masyarakat, tidak sedikit pula produk pangan Industri Rumah Tangga ini menjadi Produk Khas Kabupaten Balangan.


"Tujuan kunjungan kami adalah untuk memastikan sebarapa jauh dan bagaimana Peraturan  Kepala BPOM Nomor HK.03.1.23.04.12.2205 Tahun 2012, tentang  pedoman pemberian sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga itu dilaksanakan," kata Meilda Renprolita,SGZ., Petugas BPOM Pusat yang melaksanakan kunjungan ke tempat - tempat usaha industri rumah tangga yang ada di kabupaten Balangan, Rabu (3/8).

Selanjutnya ditambahkan oleh Petugas BPOM lainnya, Maya Safitri, SKM.,pemenuhan pangan yang aman dan bermutu, itu merupakan hak asai setiap manusia, yang  harus didasarkan pada standar dan persyaratan kesehatan , tidak terkecuali pangan yang di hasilkan oleh industri rumah tangga.

"Untuk itu diterbitkanlah peraturan ini, tujuannya tidak hanya sebagai bentuk pengawasan, namun lebih kepada peningkatan daya saing produk pangan industri rumah tangga melalui peningkatan kesadaran dan motivasi produsen tentang pentingnya pengolahan pangan yang higienes," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskannya,untuk Kalimantan Selatan ada 7 Kabupaten yang Industri Rumah Tangganya akan mereka kunjungi,  yaitu kabupaten Tanah Laut,Tanah Bumbu, Tapin, HST, HSU, Balangan, dan HSS.   

Sementara itu, Rusmilawati, S.Si.T, Apt., Kepala seksi Farmasi, Sarana dan Prasarana Dinkes Kabupaten Balangan, menambahkan, Industri Rumah Tangga  perlu mempunyai  nomor P-IRT sebagai  ijin edar , juga sebagai jaminan bahwa usaha makanan atau minuman rumahan yang di jual memenuhi standar keamanan makanan.

"Sebelum mendapatkan Nomor P-IRT, para pengelola industri Rumah Tangga, akan dibekali ilmu dan penyuluhan yang lengkap tentang cara produksi  makanan yang aman dan benar. Termasuk didalamnya tentang pemakaian bahan pengawet, sanitasi dan bahan tambahan dalam produk makanan olahan," Pungkasnya.[Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"