IMUNISASI NASIONAL CAMPAK 2016, 1-14 AGUSTUS 2016.

Admin Selasa, 02/08/2016 Internal 25825 hits

Paringin - mulai 1 agustus kemaren sampai dengan 14 Agustus 2016, diseluruh indonesia dilaksanakan Imunisasi Campak  kepada anak usia 9 - 59 Bulan.


"Jumlah sasaran riel Kabupaten Balangan tahun 2016 adalah 9.515 anak yang tersebar di 13 wilayah kerja Puskesmas," kata Kepala Bidang Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Kab. Balangan, dr. Hj. Adawiyah, ditemui diruang kerjanya di Paringin (1/8).

Dijelaskan olehnya, Imunisasi campak ini bisa didapatkan disemua fasilitas kesehatan, dan dalam pelaksanaan pemberian imunisasi di Posyandu atau Pos Imunisasi akan disesuaikan dengan jadwal yang disusun oleh Puskesmas masing-masing.

"kebetulan bulan Agustus juga merupakan Bulan Vitamin A bagi Anak berusia 6-59 Bulan, sehingga selain mendapatkan Imunisasi campak, kami juga akan memberikan Vitamin A,"tuturnya.

Ditambahkan olehnya, jika cukup banyak orang yang mendapat imunisasi campak, maka akan terbentuk kekebalan kolektif, dimana semua orang kebal terhadap infeksi virus campak, sehingga tidak ada lagi tempat virus campak untuk berkembang biak,

"Orang yang tidak kebal terhadap campak  merupakan tempat virus campak berkembang biak," pungkasnya.

Sementara itu, Wasor Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, yuspiteriandi, menambahkan, Campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular, ditandai dengan demam, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau konjungtivitis.

"Campak merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Saat ini target dunia termasuk Indonesia dalam pengendalian campak adalah tercapainya eliminasi atau pemusnahan campak", katanya.

Dijelaskan olehnya, untuk mencapai tujuan tersebut perlu dilakukan upaya dalam rangka penguatan dan percepatan eliminasi campak tersebut, yaitu  penguatan imunisasi campak dosis pertama dan kedua, dengan cakupan minimal 95% di tingkat nasional dan 90% di tingkat kabupaten/kota untuk menjamin tinggi dan meratanya imunitas masyarakat terhadap campak, selanjutnya penguatan tatalaksana KLB dimana setiap KLB harus dilakukan investigasi menyeluruh,penguatan Case Based Measles Surveillance, pelaksanaan kampanye imunisasi campak pada daerah risiko tinggi campak. [rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"