DINKES BALANGAN : PELATIHAN KADER POSBINDU PTM SEKABUPATEN BALANGAN

Admin Selasa, 26/07/2016 Internal 1354 hits

Paringin - 63% angka kesakitan dan kematian sekarang ini disebabkan oleh penyakit tidak menular. Deteksi  dini perlu dilakukan untuk menekan permasalahan kesehatan, dan  Posbindu PTM bisa dijadikan tempat deteksi dini dan menapis penyakit tidak menular di tengah masyarakat.


"Untuk memperkuat kegiatan tersebut maka Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, menyelenggarakan Pelatihan Kader Posbindu PTM, karena Kader merupakan ujung tombak pelaksanaan Posbindu," kata Kepala Dinkes Kabupaten Balangan, Humam Arifin, SKM,M.Kes., dalam sambutan pembukaan pelatihan Kader Posbindu PTM di Aula Bawah Dinkes Balangan, Selasa (26/7).

Dijelaskannya, Posbindu PTM atau Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam upaya pengendalian faktor risiko secara mandiri dan berkesinambungan.

"Artinya Posbindu PTM ini merupakan kepunyaan masyarakat, dari, oleh dan untuk masyarakat, yang dilaksanakan oleh kader dibantu dan di bimbing oleh petugas kesehatan," jelasnya.

Sementara itu, Kasi Surveilans Epidemiologi Imunisasi & Kesehatan Matra, Hj. Ariyani, S.Kep,Ns., mengatakan Posbindu PTM merupakan program yang digagas Kementerian Kesehatan untuk mengendalikan dan mendeteksi dini sejumlah penyakit tak menular, misalnya, penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes melitus, kanker, dan penyakit paru obstruktif kronis.

"Pelatihan ini diikuti oleh kader Posbindu PTM sebanyak 58 orang dari perwakilan di wilayah kerja Puskesmas sekabupaten Balangan, untuk Narasumber semua berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, dan pengelola PTM Puskesmas,dan dilaksanakan selama 2 hari", tuturnya.

Ditambahkan olehnya, metode yang digunakan dalam pelatihan ini ada dua, yaitu Ceramah Tanya Jawab dan Praktikum.

"diharapkan setelah pelatihan ini para kader akan mampu mengelola Posbindu PTM di Desanya masing-masing dan dapat menjadi model buat desa-desa lainnya," pungkasnya.[Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"