AGAR TETAP BUGAR, PUSKESMAS LOKBATU LAKSANAKAN ROCKPORT

Admin Sabtu, 23/07/2016 Internal 1230 hits

Paringin - Olah raga dapat meningkatkan kebugaran, namun kalau olah raga yang dilaksanakan tidak sesuai, bukan kebugaran yang didapat, malah kelelahan fisik saja. Jadi olahraga yang dilaksanakan harus disesuaikan dengan tingkat kebugaran seseorang.


Kepala Puskesmas Lokbatu, dr. Sri Indah., menyampaikan hal tersebut  saat pelaksanaan test kebugaran bagi seluruh Karyawan Puskesmas Lokbatu, yang dilaksanakan di Lapangan sepak bola Desa Lokbatu, sabtu (23/7/16).

"Harus diketahui terlebih dahulu tingkat kebugaran seseorang yang didapatkan dari hasil test kebugaran, dan ini merupakan dasar dalam penentuan program olah raga, baik itu dosis, ataupun  jenis olah raga yang boleh dilaksanakan ataupun tidak boleh oleh orang tersebut" ujarnya.

Ditambahkan olehnya, test kebugaran merupakan salah satu bentuk pemeriksaan Kesehatan yang dapat dilaksanakan di Puskesmas Lok Batu.

"Jadi siapa saja yang ingin mengetahui tingkat kebugarannya, silahkan datang ke Puskesmas. Selain dilaksanakan pemeriksaan, kami juga memberikan pelayanan konsultasi tentang kesehatan Olahraga," tuturnya.

Diljelaskannya pula, bahwa pemeriksaan kebugaran yang dilaksanakan  kepada karyawan puskesmas Lokbatu ini rutin dilaksanakan 2 kali dalam setahun, dan hasil pemeriksaan selain disampaikan langsung kepada karyawan yang bersangkutan, juga di dokumentasikan pada Kartu Menuju Bugar puskesmas, sedangkan metode yang digunakan dalam pemeriksaan kebugaran adalah Rockport 1600.

"Metode Rockport  kami gunakan karena mudah dilakukan, tidak perlu alat khusus, aman bagi orang dg risiko penyakit, dapat dilakukan individual/berkelompok, dilakukan sesuai kemampuan dan yang terpenting adalah 5 M : Mudah, Murah, Massal, Menarik, Manfaat", pungkasnya.

Diakhir wawancara dijelaskan olehnya bahwa metode rockfort 1600 adalah suatu metode yang digunakan untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung dan paru, yaitu dengan melaksanakan test lari atau jalan sejauh 1600 meter. [Rie].

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"