SUKSES JAMBORE UKS/M BALANGAN, SUKSES SEMUA...!

Admin Juma't, 22/07/2016 Internal 805 hits

Paringin-Sejak UKS/M dicetuskan lewat pilot projek tahun 1956, sudah melibatkan 4 departemen yaitu Departemen kesehatan, pendidikan dan kebudayaan, Agama, dan Dalam Negeri.


"Seiring dengan berjalannya waktu dan ditambah lagi dengan otonomi daerah perluasannya pun semakin luas, apalagi UKS/M ini adanya disekolah, satu tempat yang merupakan kawah candradimuka bagi para pemimpin masa depan negeri ini," kata Herry Rusandy, S.KM.,Kasi UKS dan Remaja Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.

Ditemui diruang kerjanya, Jum'at (22/7), masih disibukkan dengan detik-detik persiapan Jambore UKS/M Balangan pertama hari Jum'at hari ini dan Sabtu 22-23 juli 2016, yang dikatakannya merupakan sukses untuk semua.

"Semua disini adalah Tim Pelaksana UKS/M Kabupaten Balangan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, BLHD, Bappeda, Kementerian Agama, Kesra/Setda, dan Tim Penggerak PKK Kabupaten," terangnya.

Sementara itu, Ketua Tim Pelaksana UKS Kabupaten Balangan, Abdul Basyid, S.Sos. MAP., yang juga merupakan Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak hanya pertama dilaksanakan di Kabupaten Balangan, juga pertama dilaksanakan di Kalimantan Selatan.

"Jambore dengan tema Kader Kesehatan Remaja sebagai Agent Of Change yang berperilaku hidup bersih dan sehat, dilaksanakan seputaran Dinas Kesehatan dimulai sore ini pukul 14:00, dan penutupan besok hari pukul  15:00", jelasnya.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan bahwa kegiatan jambore UKS/M ini terdiri dari beberapa kegiatan, yaitu Kegiatan Seremonial yang terdiri dari Acara Pembukaan dan Acara Penutupan, selanjutnya kegiatan Kegiatan Bakti yang meliputi Pembersihan Sampah disarana Umum, Penanaman Tanaman Obat Keluarga (Toga), Survey Jentik Nyamuk, dan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), selanjutnya ada juga Kegiatan Lomba seperti Pentas Seni budaya, Penyuluhan kesehatan, Kuis Cepat Tepat, dan Praktik CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), kegiatan ini pun ditambah Kegiatan Penunjang seperti  permainan Persaudaraan dan Forum Diskusi.

"intinya Kegiatan-kegiatan dalam Jambore UKS/M Tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2016 ini menerapkan prinsip-prinsip edukasi dan pembinaan yang dikemas dalam bentuk perkemahan satuan terpisah antara putera dan puteri, dengan metode Ceramah, Demonstrasi, Diskusi, Penugasan, Permainan, dan Atraksi," pungkasnya.[Rie]



: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"