POSYANDU MAWAR DESA TANAH HABANG KANAN, WAKILI BALANGAN KE TINGKAT PROVINSI

Admin Kamis, 21/07/2016 Internal 1031 hits

Paringin - Sebagai sebuah usaha kesehatan berbasis masyarakat, posyandu merupakan contoh nyata usaha kesehatan yang diselenggarakan dari, oleh, dan untuk masyarakat.

"sehingga peran masyarakat dalam hal ini juga kader posyandu merupakan pilar penting dalam arah perkembangan sebuah posyandu. Apalagi Posyandu Mawar Desa Tanah Kanan merupakan sebuah posyandu yang mandiri ", kata wakil ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Balangan, Hj. Ni'mawati Syaifullah, memberikan  kata sambutan diacara Penilaian lomba Posyandu, kader posyandu, dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, di Desa Tanah Habang Kanan, Kecamatan Lampihong, Kamis (21/7).

Ditambahkan olehnya bahwa posyandu selama ini terbukti telah dapat menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu hamil, melahirkan dan nifas, wadah untuk membudayakan Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS), serta meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Humam Arifin, SKM,M.Kes., juga turut menyampaikan Ucapan selamat datang kepada Tim Penilai dari Provinsi Kalimantan Selatan di Bumi Sanggam, dan ucapan selamat kepada Posyandu Mawar desa Tanah Habang Kanan yang mewakili Kabupaten Balangan dalam lomba Posyandu, kader posyandu, dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

"kepada Tim Penilai kami ucapkan selamat datang di Bumi Sanggam ; Balangan, dan selamat bekerja. kepada Posyandu Mawar Desa Tanah Habang Kanan yang sangat kami banggakan, kami ucapkan selamat pula, karena menjadi wakil Kabupaten Balangan. Janganlah kita berbicara hasil, karena apabila berbicara itu, semua akan selesai sampai disini saja, tapi marilah kita berbicara proses, dan inilah proses yang dapat kita berikan untuk kemajuan Kabupaten Balangan," tuturnya.  

Diakhir penyampaian, dikatakannya bahwa keberhasilan sebuah posyandu itu tergambar dari cakupan SKDN, yaitu S (Semua balita di wilayah kerja posyandu), K (Semua balita yang memiliki KMS), D (Balita yang ditimbang), dan N (Balita yang Berat Badannya naik)

"Kesemuanya itu dapat tergambar dengan baik pada Posyandu Mawar Desa Tanah Habang Kanan, sehingga pantas menjadi wakil Kabupaten Balangan dalam Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan." pungkasnya [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"