TEST KESEHATAN KARYAWAN : DARI DINKES UNTUK DINKES

Admin Rabu, 20/07/2016 Internal 1321 hits

Paringin - Pemeriksaan kesehatan dilakukan terhadap semua karyawan Dinkes Kabupaten Balangan, hari ini tadi, Rabu (20/7), bertempat di aula atas Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Humam Arifin, SKM,M.Kes., menjelaskan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan bagi semua karyawan Dinas Kesehatan setiap 4 Bulan sekali.

"Diharapkan dengan adanya pemeriksaan kesehatan ini, selain akan dapat diketahui status kesehatannya, juga bagi yang sudah pernah diperiksa merupakan bentuk pemantauan terhadap status kesehatannya,sehingga semua karyawan tidak hanya memperhatikan pekerjaannya, namun juga kesehatannya, tentu ini akan menjadi indah" tuturnya.

Ditambahkan olehnya bahwa semua data kesehatan ini akan disimpan dalam Kartu Menuju Sehat (KMS) program penyakit tidak menular yang disimpan di Bidang P2PL Dinas  kesehatan Kabupaten Balangan.

Sementara itu, Hj. Ariyani, S.Kep,Ns., Kasi  Surveilans Epidemiologi imunisasi dan kesehatan matra Dinkes Balangan menambahkan, dalam 4 bulan sekali semua karyawan Dinas Kesehatan dipantau kesehatannya, memang hanya dilaksanakan pemeriksaa,  dan tidak pula dilaksanakan pengobatan jika memang ditemukan adanya  masalah bagi kesehatannya.

"Namun jika memang dirasa perlu untuk dilaksanakan pengobatan, maka kami tidak akan segan-segan  memberikan saran untuk berkunjung ke rumah sakit atau puskesmas,", tuturnya.

Ia juga menjelaskan, pemeriksaan kesehatan ini merupakan bagian dari program PTM atau Penyakit tidak menular, dan rangkaian pemeriksaan kesehatan ini  terdiri dari pengukuran tekanan darah, pengukuran tinggi dan berat badan, juga pemeriksaan laboratorium.

"Petugas yang melaksanakan pemeriksaan ini terdiri dari semua pengelola program PTM Puskesmas. Selain karena mereka memang ini program mereka, mereka semua juga sangat ahli dalam melaksanakan pemeriksaan ini. Dan kiranya tanpa mereka tentu kegiatan ini akan sangat sulit untuk direalisasikan pungkasnya,"pungkasnya. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"