PUSKESMAS PARINGIN : MAKANAN TIDAK SEHAT DAN AMAN MUDAH KAMI KETAHUI

Admin Rabu, 20/07/2016 Internal 949 hits

Paringin- Guna memberi keamanan pangan kepada masyarakat, Puskesmas Paringin Rutin melaksanakan pemeriksaan Sampel makanan.


Demikian Kepala Puskesmas Paringin, dr. Aulia A setiawaty menjelaskan tentang tujuan pemeriksaan sampel makanan  yang dilaksanakan di Klinik Sanitasi Puskesmas Paringin, Rabu (20/7).

"sampel makanan ini berupa jajanan anak dari beberapa penjual jajanan di sekolah, penjual masakan dan bahan pangan yang  kami ambil secara acak diwilayah kerja Puskesmas", tuturnya.

Ia juga menjelaskan apabila memang ada temuan, maka akan kami teruskan pelaporannya ke Dinkes Balangan untuk ditindak lanjuti, sedangkan puskesmas, yang jelas akan terus melaksanakan pembinaan dalam hal ini biasanya dengan mengadakan penyuluhan ataupun sosialisasi-sosialisasi.   

Petugas Sanitarian Puskesmas Paringin, Santy Ermasari, AMKl.,menambahkan pemeriksaan sampel makanan dilaksanakan rutin setiap kali memasuki  tahun ajaran baru, dan memasuki bulan ramadhan.

"Pemeriksaan bahan makanan ini menggunakan metode Kimia, dan dapat dilaksanakan di Puskesmas. Bahan yang tidak boleh ada dalam produk pangan dan turunannya yang dapat kami periksa diantaranya adalah Formalin, methanyl yellow, Borax," Tuturnya.

Dijelaskannya, sampel yang diperiksa kali ini ada 28 sampel yang diambil secara acak disekolah, pasar, dan seputaran kota paringin.

"untuk melaksanakan kegiatan ini kami bekerja secara team, terdiri dari petugas sanitarian dan petugas Farmasi, dan bagi mereka yang diambil sampel makanannya dengan sendirinya menjadi padagang binaan Puskesmas", pungkasnya.[Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"