DINKES BALANGAN LAKSANAKAN JAMBORE UKS/M PERTAMA DI KALSEL

Admin Selasa, 19/07/2016 Internal 1527 hits

Paringin - Jambore UKS/M pertama di Kalimantan Selatan akan dilaksanakan di Kabupaten Balangan selama 2 hari Jum'at dan Sabtu ini tanggal 22 dan 23 Juli 2016.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Humam Arifin, SKM,M.Kes, yang ditemui diruang   kerjanya, Selasa (19/7) memaparkan bahwa Jambore ini merupakan Jambore Tingkat Kabupaten Balangan pertama, yang akan diikuti oleh Kader Kesehatan Remaja (KKR),yaitu para siswa setingkat menengah atas sekabupaten Balangan.

"Jambore UKS/M ini merupakan Jambore pertama kalinya di Kabupaten Balangan, dan juga pertama kali dilaksanakan di Kalimantan Selatan. Tak bisa dipungkiri kegiatan UKS/M yang ada selama ini masih relatif monoton dan belum ada inovasi dalam pelaksanaannya. Hal ini bisa dilihat dari kader kesehatan dan sekolah di Kabupaten Balangan masih belum bisa berprestasi maksimal di setiap lomba tingkat Propinsi," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskannya,  dengan melihat hal tersebut, maka perlu solusi kegiatan yang bersifat inovatif, edukatif serta kompetitif bagi kader kesehatan remaja untuk meningkatkan kualitas Kader Kesehatan Remaja (KKR) pada khususnya dan prestasi UKS/M di Kabupaten Balangan pada umumnya yaitu dengan melaksanakan Jambore UKS/M Tingkat Kabupaten Balangan Tahun 2016 .

Sementara itu, Kepala Seksi UKS dan Remaja Dinkes Kabupaten Balangan, Herry Rosandi, SKM, menambahkan, penyelenggara kegiatan Jambore UKS/M 2016 ini adalah Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, sedangkan pelaksana kegiatan oleh Tim Pelaksana Seksi UKS dan Remaja Bidang Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, dibantu SBH Balangan serta didukung oleh Tim Pelaksana Sekretariat UKS/M Kabupaten Balangan.

"Kegiatan akan dilaksanakan di lingkungan Dinas Kesehatan, Jalan Ahmad Yani Km 2,5 Kecamatan Paringin Selatan, para peserta Jambore merupakan Perwakilan Pelajar atau Kader Kesehatan Remaja SMA/MA/SMK se-Kabupaten Balangan yang dipilih oleh Tim Pelaksana UKS/M yaitu Kepala sekolah/guru penjaskes atau guru UKS bersama-sama dengan pengelola UKS dan PKPR Puskesmas," tuturnya.

Ia juga menjelaskan, maksud dilaksanakannya Jambore ini adalah Sebagai ajang pertemuan bagi Kader Kesehatan Remaja se- Kabupaten Balangan guna menambah pengalaman, keterampilan dan wawasan tentang UKS/M, serta membangun diri dan prestasi peserta melalui kegiatan yang bersifat inovatif, edukatif serta kompetitif .

Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman serta keterampilan mengenai UKS/M serta meningkatkan Kebiasaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat bagi peserta, juga untuk mewujudkan Duta UKS/M bagi pemenang Jambore UKS/M Tingkat Kabupaten merupakan agent of change yang  memiliki pengetahuan, sikap dan perilaku hidup bersih dan sehat serta sanggup mengabdi untuk kepentingan kesehatan masyarakat.

"Tema yang di usung adalah 'Kader Kesehatan Remaja sebagai Agent Of Change yang berperilaku hidup bersih dan sehat', dengan motto'Berperilaku hidup bersih dan sehat sedari dini dan mulai dari diri sendiri'," Pungkasnya. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"