KANTONG KRESEK HITAM TIDAK SEHAT

Admin Rabu, 22/06/2016 Internal 3691 hits

Paringin - kantong kresek warna hitam tidak layak digunakan untuk membungkus atau mengemas bahan makanan siap santap.


Demikian Kasi Penyehatan Lingkungan, Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Hj. Siti Raudah, SKM., menjelaskan tentang ketidak layakan kantong plastik berwarna hitam sebagai pembungkus atau kemasan bahan makan siap santap, di ruang kerjanya, Rabu (22/6/16).

"jelas sangat tidak aman, karena kantong kresek warna hitam itu terbuat dari plastik bekas hasil daur ulang, yang dalam proses daur ulang biasanya ditambahkan berbagai zat kimia sebagai bahan tambahan yang sebagian berbahaya bagi kesehatan, dan selanjutnya dilelehkan pada suhu tertentu", tuturnya.

Ditambahkannya, bahwa riwayat penggunaan  plastik bekas sebagai bahan bakunya bermacam-macam, misalnya dari bungkus pestisida, kotoran hewan atau manusia, sampah rumah tangga, limbah rumah sakit, dan lain sebagainya.

"Sehingga tidak mengherankan, kantong plastik daur ulang ini mengeluarkan aroma yang tajam, dan hal ini menunjukkan bahwa kantong kresek hitam tidak layak untuk digunakan mengemas atau membungkus makanan siap santap", jelasnya.

dijelaskannya lebih jauh, plastik kresek warna hitam boleh saja digunakan untuk keperluan lain seperti membungkus pupuk, mainan anak, barang-barang rumah tangga.

Boleh membungkus bahan makanan seperti buah-buahan, padi, singkong, dan lain sebagainya, yang penting masih mempunyai kulit yang berfungsi sekat supaya bahan makanan tidak langsung bersentuhan dengan kantong kresek hitam.

"Yang paling pas sebagai pembungkus atau kemasan bahan makanan siap santap, adalah kantong plastik yang bening, karena plastik jenis ini bukan hasil proses daur ulang, dan praktis aman digunakan", pungkasnya.

Berdasarkan SK Kepala Badan POM tentang Bahan Kemasan Pangan No. HK.00.05.55..6497, plastik pembungkus bahan pangan dibedakan menjadi tujuh jenis dan penggunaannya harus disesuaikan dengan bahan pangan yang akan dikemas.

Ada tujuh jenis plastik yang diizinkan sebagai kemasan bahan pangan yaitu polyethylene terephthalate (PET), high density polyethylene (HDPE), polyvinyl chloride (PVC), low density polyethylene (LDPE), poli propilen, polistiren dan plastik lainnya. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"