DINKES BALANGAN, DAN DINKES PROVINSI KALSEL, SUNATAN MASSAL DI DESA MANTIMIN

Admin Senin, 20/06/2016 Internal 1184 hits

Paringin-Hafif, 7 Tahun, menjerit sekeras-kerasnya, siswa kelas 1 SDN Mantimin 1, kecamatan batu Mandi tersebut terbaring di matras didampingi bapaknya, namun tak lama kemudian ia nampak asyik memainkan game dari Hp androidnya.


"Sudah kada sakit lagi, pas disuntik ja sakit, kaya diigut katikih (sudah tidak sakit lagi, sewaktu disuntik saja sakit, seperti digigit semut rangrang;Red)", ujarnya.

Hafif adalah salah satu dari 40 orang anak yang mengikuti sunatan massal yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, di Balai Desa Mantimin, kecamatan Batu Mandi, Senin (20/6/16).

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, H. Akhmad Nasa'i, S.Kep,MM., mengatakan bahwa acara ini merupakan acara rutin tahunan setiap memasuki Bulan Ramadhan.

"Setiap bulan Ramadhan, Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan pasti ada melaksanakan acara sunatan massal, dan di prioritaskan kepada anak-anak yang kurang mampu", tuturnya.

Ditambahkan olehnya selain disunat secara gratis, para peserta sunatan massal juga mendapatkan bingkisan hadiah dari Dinas Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan berupa sarung, baju koko, buku, dan juga obat.

"sebelumnya kami juga melaksanakan kegiatan sunatan massal di 2 wilayah puskesmas yang ada daerah terpencilnya, yaitu Puskesmas Tebing Tinggi, dan Puskesmas Uren sebanyak 38 orang", pungkasnya.

Sementara itu Kasi Yandasru Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Hany Rahfani, SKM.,  menambahkan bahwa acara sunatan massal ini dapat terselenggara atas kerjasama Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, dan Puskesmas se Kabupaten Balangan.

"Acara ini selain untuk menyambut Bulan Ramadhan, juga sebagai hadiah libur panjang kepada adik-adik yang hari telah disunat", katanya. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"