OLAHRAGA SELAMA BULAN PUASA, ANTARA PAS DAN TIDAKNYA

Admin Senin, 13/06/2016 Internal 882 hits

Prg:PKM Awy- Meski melaksanakan ibadah puasa, tak ada alasan untuk tidak berolahraga, permasalahannya haya pas atau tidaknya saja lagi, karena kondisi tubuh  selama berpuasa tidak sama dengan saat tidak puasa.


Untung Norleyandi,AMK.,  Pengelola Program Kesehatan Olahraga (Keseorga) Puskesmas Awayan, yang ditemui di tempat kerjanya, senin(13/6),  mengatakan berolahraga di bulan puasa penting untuk menjaga metabolisme tubuh tetap optimal.

"dalam berolahraga perlu diperhatikan FITT, yaitu Frekunsi, Intensitas, Time, dan type. Dan untuk olahraga di bulan puasa, Frekuensi rutin 3-5x/minggu, intensitas lebih ringan dari sebelum puasa setidaknya 60% dari Denyut Nadi Maksimal (DNM=220-umur), tempo atau lamanya cukup 30 menit saja, type olah raga tetap aerobik ringan-sedang, dilakukan sore hari diatas jam 5an lebih, jangan pagi hari", jelasnya.

Menyinggung tentang olahraga yang dilaksanakan pada pagi hari selama ramadhan, ini kurang disarankan, karena kalau olahraga tidak sesuai takaran, hanya akan mengakibatkan kelelahan, kehabisan energi, dan bahkan bisa mengakibatkan cedera, sedangkan pada hari tersebut kita tetap harus beraktifitas.

Ditambahkan juga harus menghindari olahraga yang terlalu berat atau dibawah terik matahari karena bisa menyebabkan pengeluaran cairan yang berlebihan.

"Disini kami lebih menyarankan untuk berolahraga pada sore hari, karena kalau selesai berolahraga  dapat langsung minum, risiko kekurangan gula darah dapat segera tergantikan saat berbuka, dengan demikian risiko dehidrasi, dan pingsan oleh anjloknya kadar gula darah, tidak sampai terjadi", ujarnya.

Akhirnya ia berpesan, kalau berolahraga selama berpuasa sudah sampai merasakan pandangan yang gelap berkunang-kunang, kemungkinan gula darah yang sangat rendah (pada dasarnya orang yang melaksanakan puasa, gula darahnya sudah berada pada posisi rendah), atau kalau sudah lama tidak berkemih, dan urine terakhir kental kuning pekat, bibir dan lidah kering, kelopak mata cekung, kemungkinan tanda awal dehidrasi. Waspada untuk tidak melanjutkan latihan fisik. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"