KURANG GIZI KARENA PUASA

Admin Juma't, 10/06/2016 Internal 932 hits

Tampaknya sedikit ganjil ketika kita menyatakan bahwa puasa akan membawa manfaat kesehatan, kerena bagi mereka yang anti puasa, puasa adalah bentuk penyiksaan diri yang berakibat manusia akan kekurangan gizi, yang memang sangat diperlukan di dalam metabolisme tubuh demi menjaga organ-organ.


Agus Syarkani, SKM, MPH., PLT Kepala Bidang Promkes Dinkes Kabupaten Balangan yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (8/6/16), memaparkan tidak benar puasa ramadhan menjadikan kita menjadi kurang Gizi, karena puasa yang dilaksanakan selama bulan Ramadhan tergolong sebagai partial Fasting, yaitu  puasa yang dibatasi oleh sahur dan berbuka.

Disamping itu dikenal juga prolonged fasting atau puasa yang terus menerus, puasa jenis ini tidak dikenal dalam ajaran Islam, karena Rasulullah memang tidak menganjurkannya.


"pada saat kita tidak puasa, umumnya orang hanya menyerap gizi sebanyak 35% dari asupan yang dikonsumsi, sedang mereka yang melaksanakan puasa seperti pada puasa Ramadhan, penyerapan dapat mencapai 85%", paparnya.

Ditambahkan olehnya, hal ini bisa dimengerti karena ketika berpuasa, alat pencernaan selama sehari beristirahat total selama 6 jam (jam 12.00-18.00).

Antara waktu imsak (jam 04.00) sampai jam 12.00 alat-alat pencernaan tetap bekerja, karena proses lambung berlangsung selama 4 jam, dan di usus juga 4 jam.

"Jadi selama imsak sampai jam 12.00 organ pencernaan tetap bekerja, dan mulai istirahat sejak jam 12.00 sampai waktu berbuka puasa. Selanjutnya dengan beristirahat selama 6 jam, maka alat-alat pencernaan  menjadi lebih giat dalam mereduksi dan menyerap zat gizi yang dikonsumsi", tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa walaupun mungkin asupan makanan berkurang, tetapi penyerapannya meningkat sehingga jumlah gizi didalam tubuh tidaklah berkurang.

Kemudian ia juga menyinggung, saat berpuasa frekuensi makan berkurang, namun umumnya kualitas makanan bertambah. Hal ini bisa dilihat dari sajian berbuka puasa biasanya sangat lengkap dan menggugah selera.

"Ada 2 keuntungan disini, yaitu meningkatnya kualitas makanan, dan efisiennya kerja sistem pencernaan kita, sehingga tidak benar kalau kita melaksanakan puasa kita akan mengalami kondisi kurang gizi", pungkasnya. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"