3 PUSKESMAS KABUPATEN BALANGAN SIAP MELAYANI DAN MENGOBATI PECANDU NARKOBA SECARA GRATIS

Admin Selasa, 07/06/2016 Internal 984 hits

Paringin - Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan sudah menyiapkan 3 Puskesmas untuk mengatasi dan mengobati para pecandu Narkoba, yaitu Puskesmas Halong, Puskesmas Paringin, dan Puskesmas Paringin Selatan.


H.Akhmad Nasa'i, S.Kep, MM.,Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (7/6/16), menghimbau kepada masyarakat ataupun orang tua yang mempunyai anaknya menjadi pengguna atau pecandu Narkoba, agar melaporkan diri kepada IPWL, sehingga mereka akan diobati agar sembuh dari Narkoba.

"IPWL adalah kependekan dari Institusi Penerima Wajib Lapor, yang di Kabupaten Balangan ada di Puskesmas Halong, Puskesmas Paringin, dan Puskesmas Paringin Selatan", tuturnya.

Dijelaskan olehnya, selain pelayanannya gratis, di Institusi Penerima Wajib Lapor atau IPWL, pengguna atau pecandu Narkoba akan dirangkul dalam proses rehabilitasi, sehingga selain sembuh dari jeratan Narkoba, juga terhindar dari jeratan hukum.

Sementara itu, Rusmilawati, S.Si.Apt., Kepala Seksi Farmasi, Sarana dan Prasarana, ikut menambahkan bahwa IPWL ini dibentuk berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 18/Menkes/SK/VII/2012, yang merupakan langkah yang bukan sekedar untuk pemberantasan, namun juga rehabilitasi pengguna Narkoba.

"IPWL diseluruh Indonesia terdiri dari Rumah Sakit, Puskesmas, dan Lembaga rehabilitasi medis milik pemerintah dan swasta, dan untuk kabupaten Balangan sementara ini, kita mempunyai IPWL di Puskesmas Halong, Puskesmas Paringin, dan Puskesmas Paringin Selatan", jelasnya.

Tak bisa dipungkiri, masalah penggunaan Narkoba sekarang ini dapat dikatakan sangat sulit diatasi, karena itu maka penyelesaiannya harus melibatkan banyak faktor dan kerjasama dari semua pihak yang bersangkutan, seperti Pemerintah, Aparat Hukum, Masyarakat, Media Massa, Keluarga, pengguna atau pemakai, dan pihak-pihak lainnya.[Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"