AKSI SIMPATIK PERINGATI 31 MEI : HARI TANPA TEMBAKAU SEDUNIA , DI 3 JUNI

Admin Juma't, 03/06/2016 Internal 816 hits

Paringin - Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang diperingati 31 Mei, dirayakan dengan Aksi Simpatik oleh Dinas Kesehatan Kabupaten, dan Koalisi Profesi Kesehatan Anti Rokok Kabupaten Balangan.


Aksi simpatik yang dimaksud, diawali dengan pembagian leaflet tentang rokok di Ruang Terbuka Hijau Dispora Kabupaten Balangan, sesaat sebelum dilaksanakan senam rutin pagi Jum'at (3/06/16) dan di hadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Balangan.

Bupati Balangan, H. Ansharuddin,dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa permasalahan rokok jelas mengandung pro dan kontra, yang kontra jelas datang dari para perokok, petani tembakau, dan dari industri rokok.

Namun Kabupaten Balangan jelas mendukung hari tembakau sedunia yang telah diperingati sejak tahun 1988, diantaranya dengan mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2014 tentang Kawasan Tanpa Rokok yang di sah kan sejak tanggal 4 September 2014.

"Balangan telah mempunyai aturan tentang Kawasan Tanpa Rokok yang tertuang dalam Peraturan Daerah nomor 15 tahun 2014, dalam aturan tersebut dijelaskan pula tentang aturan tempat-tempat yang tidak diperbolehkan untuk merokok, yaitu di fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, fasilitas olah raga, tempat kerja, dan tempat-tempat umum di Kabupaten Balangan", Pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati dan Wakil Bupati juga memberikan kuis berhadiah untuk memeriahkan hari puncak peringatan Hari Tanpa Tembakau sedunia di Kabupaten Balangan.

Selanjutnya, Ketua Koalisi Profesi Kesehatan Anti Rokok (KPK-AR) Kabupaten Balangan, Akhmad Mahyuni, MPH, MM.,dalam acara tersebut selain menyampaikan tentang kenyataan bahaya rokok bagi kesehatan, dan fakta-fakta di dunia tentang kejadian negatif rokok baik di Indonesia dan Dunia, disampaiakannya pula tentang upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam usaha menghentikan kebiasaan merokok, diantaranya dengan memanfaatkan Poli Hypnoterafi yang memberikan pelayanan secara gratis, dan buka setiap hari selasa dan kamis di Puskesmas Paringin Selatan.

"Poli Hypnoterafi Berhenti Merokok diresmikan tanggal 11 Pebruari 2016, merupakan sebuah jawaban dari Perda nomor 15 Tahun 2014, poli ini memberikan pelayanan secara gratis di Puskesmas Paringin Selatan, dan buka setiap hari Selasa dan Kamis", tuturnya.

Menyinggung tentang perayaan Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang jatuh pada tanggal 31 mei, namun baru dirayakan pada tanggal 3 Juni 2016, dijelaskan olehnya ini memang disengaja mengingat pada hari dan tanggal tersebut lebih efektif dalam pelaksanaannya, selain berbarengan dengan senam rutin pagi Jum'at , juga pasti dihadiri oleh seluruh karyawan-karyawati instansi se kabupaten Balangan.

"Tidak hanya sampai disini, aksi simpatik ini akan kami lanjutkankan lagi pada siang hari lagi secara mobile dengan memberdayakan kader kesehatan Dinas Kesehatan yaitu Pramuka Saka Bhakti Husada ", jelasnya. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"