SELAMAT HARI LANSIA NASIONAL 2016

Admin Senin, 30/05/2016 Internal 1868 hits

Paringin-Menjadi tua adalah proses alamiah setiap orang, tetapi yang terpenting adalah walaupun usia bertambah, namun kualitas hidup dan kesehatan dapat tetap terpelihara dengan baik.


Demikian Kepala Bidang Kesehatan Keluarga (Kesga) Dinas Kesehatan, Ainun Faridah, SKM., menyampaikan ucapan Selamat Hari Lansia Nasional, diruang kerjanya di Paringin, senin (30/5/15).

"Meski lewat 1 Hari, kami mengucapkan selamat Hari Lanjut Usia Nasional tahun 2016", tuturnya.

Dijelaskan olehnya bahwa Tema Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2016 kali ini adalah bersama Lansia, Dari Lansia, Untuk Lansia : Lanjut Usia Berperan Dalam Pembangunan Nasional.

"Salah satu kegiatan Dinas Kesehatan yang langsung bersentuhan dengan para Lansia adalah Posyandu Lansia yang telah ada dan terus berjalan sampai dengan sekarang ini, di semua Puskesmas se Kabupaten Balangan, dan setiap jum'at kami di Dinas Kesehatan juga melaksanakan senam lansia dan posyandu lansia", jelasnya.

Selanjutnya ditambahkan olehnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) itu membagi  lanjut usia yang meliputi Usia Pertengahan (middle Age) yaitu mereka yang berusia 45-59 thn, selanjutnya usia lanjut (elderly), itu mereka yang berusia 60-70 thn, Usia Lanjut (old), itu mereka yang berusia 75-90 thn, dan terakhir adalah sangat Tua (very old) berusia  lebih dari 90 tahun, sedangkan menurut UU No.13 tahun 1998 tentang kesejaheraan lansia, lansia adalah orang yang berusia > 60 thn.

"Sejarahnya Hari lanjut Usia nasional yang diperingati setiap tanggal 29 Mei ini di canangkan pertama kali oleh Presiden soeharto pada tanggal 29 Mei 1996 di semarang untuk menghormati jasa Dr. KRT Radjiman wedioningrat yang diusia lanjutnya memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI", Pungkas.

Diakhir wawancara sekali lagi disampaikan olehnya selamat Hari Lanjut Usia Nasional Tahun 2016, semoga dengan adanya moment ini, semakin banyak kegiatan dan juga kebijakan yang semakin mensejahterakan para lansia. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"