PUSKESMAS LOK BATU : POSBINDU, MENDEKATKAN PENCEGAHAN PTM DI MASYARAKAT

Admin Juma't, 27/05/2016 Internal 1442 hits

Tidak bisa dipungkiri, PTM atau Penyakit Tidak Menular, mempunyai kecendrungan terus meningkat bila dibandingkan dengan penyakit yang di sebabkan oleh infeksi, ataupun Penyakit Menular.


Demikian Kepala Puskesmas Lokbatu, dr. Sri Indah S., mengungkapkan tentang alasan pentingnya melaksanakan pencegahan PTM di masyarakat, saat ditemui di sela-sela pemeriksaan kesehatan karyawan/karyawati Puskesmas yang dia pimpin, jum'at (27/5/16).

"Menyadari saat ini terjadi peningkatan prevalensi penyakit tidak menular, pemerintah terhitung tahun 2012 mulai mengembangkan model pengendalian Penyakit Tidak Menular berbasis masyarakat melalui Pos Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular, yang disingkat Posbindu PTM", tuturnya.

Dijelaskan olehnya bahwa tujuan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dan meningkatkan penemuan dini faktor risiko PTM, dengan sasaran adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko, dan penyandang PTM berusia 15 tahun keatas.

Rano Aprianto, S.Kep., Pengelola Program PTM Puskesmas Lok Batu juga menambahkan bahwa memang benar Posbindu PTM itu merupakan cara yang sangat efektif dalam upaya mendekatkan pencegahan PTM di masyarakat.

"Dengan adanya Posbindu PTM, masyarakat tidak hanya dijadikan sebagai penonton, karena dalam kegiatan pencegahan dan penemuan faktor risiko, masyarakat terlibat secara langsung, sedang kita selaku petugas kesehatan hanya sebagai pembimbing, pengawas, dan penerima rujukan", tuturnya.

Rano, demikian ia biasa dipanggil juga menambahkan bahwa untuk Puskesmas Lok Batu, telah dibentuk 2 buah Posbindu PTM di Desa Tariwin dan Desa Karuh, yang tidak ikut dengan program lain.

"Bukannya tak ada hambatan, namun setidaknya dengan 2 Posbindu PTM di 2 Desa tersebut, kami rasakan kesadaran dan dukungan Masyarakat akan pentingnya program ini sangat besar,selain dapat sokongan Dana Desa untuk para kader, masyarakat pun rela hati membuat celengan suka rela di Desa untuk pembelian logistik dan sebagainya yang kadang ada yang tidak mencukupi", tambahnya.

Menyinggung tentang dukungan masyarakat, Rano memaparkan bahwa ini tidak terlepas dari kesadaran masyarakat, dukungan Kepala desa, tokoh masyarakat, dan para kader kesehatan yang rela hati memajukan berbagai program kesehatan, dan juga kerjasama tim yang baik dari Puskesmas Lokbatu.

"Khusus Kader PTM, kami telah melakukan pelatihan cara melaksanakan pemeriksaan kesehatan dasar, juga menggunakan peralatan pemeriksaan kesehatan dasar. peralatan kesehatan tersebut, semua di serah terimakan kepada kader dan Desa untuk disimpan, sehinggga apabila ada masyarakat yang mempunyai permasalahan dengan kesehatan, mereka dapat menggunakannya, dan memberikan rujukan kepada petugas kesehatan di Puskesmas, atau Polindes", pungkasnya.

Diakhir wawancara, rano juga menjelaskan selain melaksanakan pemeriksaan kesehatan, dan pengobatan. di Posbindu PTM diajarkan pula cara keterampilan hidup sehat, dan karena hanya perilaku-perilaku sehat, PTM menjadi lewat.[Rie] 

 

Photo : Kegiatan Posbindu PTM pada Meja ke 3 : Pengukuran, dan Meja ke 4 : Konseling

 

 

 

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"