KARYAWAN KARYAWATI PUSKESMAS LOKBATU CEK KESEHATAN

Admin Juma't, 27/05/2016 Internal 895 hits

Paringin - Dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Penyakit Tidak Menular (PTM), seluruh karyawan dan karyawati Puskesmas Lokbatu, Kecamatan Batu Mandi, melaksanakan pemeriksaan dasar kesehatan pada hari ini tadi,  Jum'at (27/5/2016).


Pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan diantaranya adalah pengukuran tekanan darah, pengukuran lingkar perut, pengukuran lingkar lengan atas, pengukuran Tinggi dan Berat Badan, ditambah dengan pemeriksaan gula darah, uric acid, dan cholesterol.

dr. Sri Indah Susilawati, Kepala Puskesmas Lokbatu, menjelaskan bahwa ini adalah kegiatan dari kami dan untuk kami semua, tujuannya tidak lain sebagai deteksi awal pencegahan dan untuk menurunkan angka PTM, serta meningkatkan kualitas hidup sehat petugas Puskesmas.

"Keberadaan faktor risiko PTM pada seseorang tidaklah memberikan gejala, sehingga terkadang kita tidak merasa perlu melakukan pemeriksaan, tidak merasa perlu juga untuk mengatasi faktor risiko dan mengubah gaya hidup", tuturnya.

Ditambahkan olehnya bahwa faktor risiko yang secara potensial berbahaya, dan dapat memicu terjadinya PTM dapat dikarenakan aktifitas fisik yang kurang, diet yang tidak sehat dan tidak seimbang, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, obesitas, hiperglikemi, hiperkolesterol, dan perilaku yang berkaitan dengan kecelakaan atau cedera.

"Penyakit Tidak Menular, atau PTM merupakan penyakit yang bukan disebabkan oleh proses infeksi", pungkasnya.

Sementara itu, Syarif Rahmatullah, Kasubbag TU Puskesmas Lokbatu, ikut menambahkan bahwa penanggulangan PTM merupakan kebijakan Nasional yang kerangka konsep pencegahan dan penanggulangannya didasari oleh kerangka dasar BLUM yang menjelaskan tentang derajat kesehatan itu dipengaruhi oleh faktor keturunan, lingkungan, perilaku dan pelayanan kesehatan.

"sejalan dengan kebijakan pencegahan dan penanggulangan PTM untuk menurunkan penyakit-penyakit yang mempunyai faktor risiko yang sama, seperti jantung, stroke, hipertensi, diabetes melitus, dan penyumbatan saluran nafas kronis, maka arah pemeriksaan yang biasa kami laksanakan pada Program Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular, atau Posbindu PTM, kami berlakukan juga pada seluruh karyawan-karyawati di Puskesmas kami", tuturnya.

Diakhir wawancara, ia berharap dengan adanya pemeriksaan ini, akan semakin meningkatkan kesadaran pada diri petugas di puskesmas, bahwa mereka tidak hanya harus sempurna melayani kesehatan masyarakat, namun mereka pun perlu melayani dan memperhatikan kesehatan mereka sendiri. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

SEMANGAT TAHUN BARU

Minggu, 03/01/2016

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"