TARGETKAN 12 DESA MENJADI DESA STOP BABS DITAHUN 2016

Admin Juma't, 27/05/2016 Internal 1208 hits

17 Desa dari 154 Desa dan 3 Kelurahan di Kabupaten Balangan sudah dinyatakan sebagai Desa Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan), dan untuk tahun 2016 akan ditambah lagi.

Demikian Kepala bidang  P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, dr.Hj. Adawiyah yang ditemui di Ruang kerjanya, Jum'at (27/5), menjelaskan tentang rencana  tahun 2016 yang menargetkan 12 desa lagi akan dijadikan Desa Stop BABS.

Sementara itu, Hj. Siti Raudah, SKM., Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinkes Balangan juga menambahkan bahwa dengan target 12 Desa merupakan target yang sangat rasional, namun tidak menutup kemungkinan target tersebut bisa terlampaui.

"Sementara ini kami di tahun 2016 mulai memberikan stimulan berupa 5 Paket bahan pembangunan jamban pada setiap Puskesmas di Kabupaten Balangan, diharapkan ini akan meningkatkatkan adanya perubahan perilaku di masyarakat tentang pentingnya Akses Sanitasi Aman", tuturnya.

Dijelaskan olehnya bahwa stimulus ini cukup mendapat respons yang di postif di masyarakat, karena jumlah masyarakat yang ingin membangun jamban sehat terus bertambah, sebagai contoh di kecamatan Halong tepatnya di Desa Binjai Punggal dengan stimulus 5 paket, akan terbangun 19 WC dengan dukungan Kepala Desa dan atas swadaya masyarakat. Demikian pula dengan Kecamatan Batu Mandi tepatnya diwilayah kerja Puskesmas Lokbatu di Desa Bakung, dengan tambahan swadaya masyarakat menjadi 15 WC akan dibangun.

"selain sebagai sebuah kewajiban, ini juga merupakan bagian dari kontribusi kami terhadap Universal Akses 100.0.100, yang merupakan program nasional, selanjutnya dukungan terhadap  Program Adipura, dan Persiapan Kota/Kabupaten Sehat", pungkasnya.

Dipaparkan olehnya bahwa Universal Akses 100.0.100, merupakan Kebijakan Pemerintah yang menargetkan bahwa Tahun 2019 Akses Pelayanan Air Minum Aman sebesar 100%, Kawasan Kumuh Perkotaan 0%, dan Akses Sanitasi Aman 100%.[Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"