PUSKESMAS PARINGIN, BUKA POLI DDTK

Admin Kamis, 26/05/2016 Internal 1348 hits

Paringin-Kini Orang tua diwilayah kerja Puskesmas Paringin, tidak perlu risau lagi jika memiliki permasalahan dalam tumbuh kembang buah hatinya.


Pasalnya, Puskesmas Paringin kini telah memiliki Poli Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK), yang dalam beberapa bulan ini mulai beroperasi.

dr. Hj. Aulia A Setiawaty, Kepala Puskesmas Paringin yang ditemui di Puskesmas Paringin, Kamis (26/5),  menjelaskan bahwa dengan adanya Poli DDTK ini, maka segala penyimpangan pertumbuhan - perkembangan pada bayi dan balita dapat terdeteksi secara dini.

"didunia sekarang ini, termasuk Indonesia, terjadi peningkatan angka kejadian gangguan kesehatan dan kecacatan jangka panjang terkait prematuritas, seperti  gangguan perkembangan seperti kesulitan belajar, autisme, gangguan pemusatan perhatian, selanjutnya gangguan nutrisi, gangguan penglihatan dan pendengaran, dampak psikososial pada keluarga, serta gangguan kardiovaskuler di masa dewasa", ujarnya.

Ditekankan olehnya, bahwa permasalahan kesehatan ini sebenarnya bisa diatasi, bahkan dicegah jika terdeteksi lebih dini.

"Semoga dengan adanya  Poli DDTK Puskesmas Paringin ini, bisa dijadikan rujukan bagi para orang tua untuk mencegah dan juga mengatasi masalah tumbuh kembang anak", Pungkasnya.

Sementara itu, Paini,AM.Keb., Bidan Koordinator Puskesmas Paringin menambahkan bahwa sebenarnya DDTK ini telah telah lama ada,hanya saja pelayanannya digabungkan dengan Poli KIA. Namun menilik pentingnya pemantauan tumbuh kembang Balita, maka ditahun 2015, direalisasikan untuk memiliki ruangan tersendiri.

"Poli DDTK ini memberikan pelayanan setiap hari selasa sampai dengan kamis, karena pada saat tersebut berbarengan juga dengan jadwal pelayanan imunisasi di Puskesmas Paringin", jelasnya.[Rie]

Sumber Photo : Koleksi Pribadi dr. Hj. Aulia Asmi Setiawaty

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"