CALON HAJI BALANGAN 2016 LAKSANAKAN ROCKFORT 1600

Admin Rabu, 25/05/2016 Internal 1049 hits

Paringin-Seandainya seorang jemaah Haji dalam melaksanakan  ritual haji mesti berjalan kaki sejauh 5 km setiap harinya, maka selama 40 hari akan menempuh jarak 200 KM selama masa Haji, untuk dapat melaksanakan ini semua maka diperlukan kebugaran fisik yang prima.

"Mengingat ini semua, maka biasanya kita yang akan berangkat Haji mendapat saran untuk berolahraga agar tetap bugar selama beribadah. Namun perlu di catat, kalau olahraga yang dijalan tidak sesuai dengan kemampuan,bukanlah kebugaran yang didapatkan, malah sebaliknya, hanya akan menimbulkan kelelahan", Demikian Kepala Bidang Yankes Dinkes Balangan, H. Akhmad Nasa'i, S.Kep, MM., memberikan kata sambutan sesaat sebelum pelaksanaan Test Kebugaran Haji, di Lapangan Martasura Paringin, Rabu (25/5).

Dijelaskan olehnya bahwa tujuan dari test ini adalah untuk mengetahui tingkat kebugaran para calon Haji, sehingga dengan diketahuinya tingkat kebugaran seseorang, dapat ditentukan jenis latihan fisik ataupun olahraga yang sesuai yang dapat meningkatkan kebugaran para jamaah haji.

"Kebugaran Adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan tugas pekerjaan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti,sehingga ini merupakan sarana mencapai dan menjamin kondisi kesehatan yang optimal menjelang keberangkatan sampai kembali ke tanah air", tuturnya.

Ditambahkan olehnya bahwa,metode yang digunakan dalam test kebugaran ini  adalah dengan menggunakan metode Rockfort 1600, dan dilaksanakan dalam 2 hari, hari ini Rabu sampai dengan besok, kamis (26/5).

"Metode Rockfort 1600 adalah test lari atau jalan sejauh 1.600 meter untuk mengetahui kemampuan jantung dan paru, yang dapat menggambarkan tingkat kebugaran seseorang", jelasnya.

Sementara itu, Hanny Rahfani, SKM., Kepala seksi Yandasru Dinas Kesehatan Juga menjelaskan bahwa semua Calon Haji wajib mengikuti test kebugaran metode rockfort ini kecuali   para lanjut usia, wanita hamil, obesitas, penderita sakit jantung, penderita hipertensi, dan penderita osteoartritis.

"Dalam melaksanakan test rockfort, peserta test akan berlari atau jalan secara konstan mulai dari garis start sampai dengan finish, dan petugas akan mencatat waktu tempuh dan mencocokkan dengan Vo2max pada Kartu Menuju Bugar", jelasnya.

Dijelaskan olehnya bahwa setelah mengikuti test kebugaran, para calon Haji akan diberikan Kartu Menuju Bugar (KMB) yang berisikan kategori tingkat kebugaran jantung-paru, program latihan fisik untuk meningkatkan kebugaran, termasuk dosis latihannya.

"Seperti diketahui sebelumnya, jumlah Jemaah Haji Kabupaten Balangan Tahun 2016 adalah 81 orang, dan untuk hari pertama tes kebugaran ini berjumlah 40 orang, yaitu calon Haji yang yang sudah diperiksa pada hari senin(23/5), dan yang dilaksanakan pemeriksaan kesehatan pada hari selasa(24/5), akan dilaksanakan pemeriksaan kebugaran pada hari Kamis. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"