PEMERIKSAAN KESEHATAN CALON JEMAAH HAJI KABUPATEN BALANGAN 2016

Admin Senin, 23/05/2016 Internal 1621 hits

 

Pemeriksaan Kesehatan  sebagai syarat wajib keberangkatan terhadap 81 orang calon haji Kabupaten Balangan Tahun 2016, dilaksanakan di Puskesmas Paringin, dan Puskesmas Paringin Selatan,  mulai hari ini, senin (23/5) sampai dengan Kamis (26/5).


Kepala Bidang P2PL Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, dr. Hj. Adawiyah., menjelaskan bahwa pembagian lokasi Pemeriksaan kesehatan ini dikelompokkan berdasarkan wilayah domisili Calon Haji.

"Untuk Calon Haji yang berdomisili dalam wilayah Kecamatan Paringin, Kecamatan Juai, dan Kecamatan Batu Mandi dilaksanakan di Puskesmas Paringin, dan sisanya di Puskesmas Paringin Selatan", jelasnya.

Ditambahkan olehnya bahwa dalam 4 hari ini, 2 hari digunakan untuk pemeriksaan kesehatan dan pengambilan sample darah laboratorium, termasuk EKG, di Puskesmas Paringin dan Paringin Selatan, dan sisa 2 harinya di gunakan untuk tes kebugaran yang dilaksanakan di Lapangan Martasura Balangan. 

"Jadwal pemeriksaan telah kami berikan dan suratnya telah diterima oleh calon Haji pada hari kamis (19/5), berbarengan dengan acara Sosialisasi tentang kesehatan dan kebugaran calon jamaah Haji, yang diadakan di Dinas Kesehatan", tuturnya.

dr. Aulia A Setiawaty, Kepala Puskesmas Paringin menjelaskan bahwa pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik-baiknya, sehingga jemaah haji dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan ajaran agama islam.

"Pemeriksaan kesehatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi pengumpulan data, pemeriksaan fisik , pemeriksaan penunjang diagnosa, dan penetapan diagnosa, serta pelaksanaan pembinaan sampai siap berangkat dengan kondisi sehat", tambahnya.

"Tujuan tersebut dapat dicapai melalui upaya-upaya peningkatan kondisi kesehatan sebelum berangkat, menjaga kondisi sehat selama menunaikan ibadah sampai kembali ke Indonesia, serta mencegah transmisi penyakit menular yang mungkin terbawa keluar atau masuk oleh jemaah Haji", pungkasnya.[Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"