JEMAAH CALON HAJI KABUPATEN BALANGAN 2016 [HARUS]SEHAT DAN BUGAR

Admin Kamis, 19/05/2016 Internal 878 hits

Ibadah Haji merupakan kegiatan ibadah yang memerlukan kesiapan fisik yang prima, Mengandung aktivitas fisik yang lebih berat dari kegiatan sehari-hari.


Demikian Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan MKL, SKM.M.Kes., menyampaikan dihadapan jamaah calon haji kabupaten Balangan tahun 2016, saat membuka acara Sosialisasi tentang kesehatan dan kebugaran calon jamaah Haji, bertempat di Aula Bawah Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Kamis (19/5/2016).

Ditekankan olehnya, Supaya para jamaah dapat melaksanakan ibadah Haji dengan lancar, dan dapat berkumpul kembali di kampung halaman, tentu sangat diperlukan kebugaran jasmani yang baik.

"Menyadari ini semua, maka kami dari Dinas Kesehatan selain ingin mengucapkan selamat kepada para calon haji, kami juga ingin menyampaikan tentang pemerikasaan kesehatan dan test kebugaran yang akan dilaksanakan pada hari senin s/d kamis, 23 ke 26 Mei 2016 ini", tuturnya.

Ditambahkan bahwa tempat pelaksanaan pemeriksaan kesehatan akan di bagi 2 lokasi, yaitu puskesmas Paringin dan Puskesmas Paringin selatan selama 2 hari, senin dan selasa, (23,24/5), dan untuk pemeriksaan kebugaran jamaah calon haji, akan dilaksanakan di lapangan Martasura Paringin, hari Rabu dan Kamis (25,26/5).

Hanny Rahfani, SKM., Kasi Yandasru Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, juga menambahkan bahwa metode pemiksaan kebugaran yang digunakan adalah metode Rockfort 1600.

"metode ini dipilih karena mudah dilakukan, tidak perlu alat khusus, aman bagi orang dg risiko penyakit, dapat dilakukan individual/berkelompok, dilakukan sesuai kemampuan dan yang terpenting adalah 5 M : Mudah, Murah, Massal, Menarik, Manfaat", tuturnya.

Dijelaskan olehnya bahwa metode Rockfort adalah suatu metode yang digunakan untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung dan paru, yaitu dengan melaksanakan test lari atau jalan sejauh 1600 meter.

"setelah dilaksanakan test, maka akan diketahui tingkat kebugaran seseorang, apakah ia baik sekali, baik, cukup, kurang, atau kurang sekali. dan ini merupakan dasar dalam penentuan program olah raga atau dosis maupun jenis olah raga yang boleh dilaksanakan ataupun tidak boleh oleh orang tersebut", ujarnya.[Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"