SEMUA PUSKESMAS HARUS BERIZIN DAN TERGISTRASI

Admin Juma't, 13/05/2016 Internal 2010 hits

Penjelasan tentang apa dan bagaiman sebuah Puskesmas, jelas tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014.


Demikian Kepala Seksi Puskesmas, M.Noor,S.Sos., mulai menjelaskan tentang keharusan Puskesmas mempunyai Izin pelayanan dan Registrasi Pusat Kesehatan Masyarakat dalam menyelenggarakan pelayanan Kesehatan kepada Masyarakat, di Ruang kerjanya, Bidang Yankes Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Kamis (12/5).

"Paling lambat 3 tahun semenjak diterbitkannya Permenkes tersebut semua Puskesmas wajib memiliki izin dan terigestrasi, kalaupun sudah mendapatkan nomor registrasi sebelum 1 Januari 2015, tetap Registrasi ulang di Kementerian Kesehatan", tegasnya.

Ditambahkan olehnya bahwa Izin Puskesmas akan diberikan atau diterbitkan oleh Pemerintah Daerah melalui Satuan Kerja pada pemerintah kabupaten/kota yang ditunjuk untuk menerbitkan perizinan tersebut, dalam hal ini adalah satuan kerja yang menyelenggarakan pelayanan terpadu.

"Dokumen yang harus di penuhi oleh puskesmas untuk mendapatkan Izin diantaranya adalah Fotocopy sertifikat tanah atau bukti kepemilikan tanah yang sah, Dokumen pengelolaan limbah sesuai dengan perundang-undangan, SK Bupati terkait penetapan kategori puskesmas, Studi kelayakan untuk puskesmas yang baru akan  didirikan atau yang akan dikembangkan, profil puskesmas yang meliputi aspek lokasi, bangunan, prasarana, peralatan kesehatan, ketenagaan, dan pengorganisasian untuk puskesmas yang mengajukan permohonan perpanjangan izin, dan yang terakhir  surat permohonan tertulis dari Kepala Dinas Kesehatan", jelasnya.

Disinggung olehnya, apabila permohonan tersebut tidak lengkap, maka pemohon harus mengajukan permohonan ulang kepada pemberi izin pemyelenggaraan pelayanan kesehatan, sedangkan penetapan pemberian atau penolakan izin, nantinya dilakukan setelah pemberi izin melakukan penilaian dokumen dan peninjauan lapangan.

"Paling lambat 6 bulan setelah izin penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan, setiap puskesmas harus melakukan registrasi, dan registrasi ini akan diajukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/kota kepada Menteri Kesehatan Republik Indonesia, setelah mendapatkan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi", pungkasnya mengakhiri wawancara. [Rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"