PERAN PETUGAS KESEHATAN DALAM LOMBA DESA

Admin Kamis, 12/05/2016 Internal 3327 hits

Tujuan dari lomba Desa sebenarnya adalah adalah memotivasi Pemerintahan Desa dalam meningkatkan pelayanan publik, dan penyusunan administrasi yang baik dan benar. Kalau memang demikian, kenapa petugas kesehatan mesti dilibatkan?


"Sederhana, dalam Lomba Desa, kriteria-kriteria yang dinilai itu meliputi : Data profil Desa, potensi dan tingkat perkembangan desa dalam 2 tahun terakhir, pemberdayaan bidang pendidikan, pemberdayaan bidang kesehatan, pemberdayaan bidang keamanan dan ketertiban, bidang pemerintahan, bidang ekonomi masyarakat, serta pemberdayaan kesejagteraan keluarga", kata dr. Aulia A Setiawaty, ketua Pokja IV team penggerak PKK Kabupaten Balangan, yang ditemui pada acara lomba desa di Desa Putat Basiun, kecamatan Awayan, kamis (12/5).

Dokter energik yang sehari-harinya bekerja sebagai Kepala Puskesmas Paringin ini juga menjelaskan bahwa peran petugas kesehatan sangat besar, selain sebagi motor penggerak kesehatan di wilayah kerja puskesmas, mereka juga merupakan penanggung jawab kesehatan di masyarakat, dalam hal ini yang dikenal dalam dunia kesehatan sebagai daerah binaan.

Ia juga menjelaskan bahwa indikator penilaian dalam Lomba Desa, dalam hal ini adalah kesehatan masyarakat yaitu kematian bayi, kematian ibu, ibu hamil, Gizi dan kematian balita, Cakupan imunisasi, Angka harapan hidup, Cakupan pemenuhan kebutuhan air bersih, kepemilikan jamban, pengembangan desa siaga, perbaikan gizi, dan jumlah rumah tangga  yang ber PHBS.

"Jadi dengan indikator tersebut sangat jelas, petugas kesehatan punya peran yang nyata dalam penilaian Lomba Desa, karena ini semua merupakan cerminan  pekerjaan dari petugas kesehatan", Pungkasnya. [rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"