DINKES KAB. BALANGAN : PUSKESMAS TEBING TINGGI BAGI-BAGI KEBAHAGIAAN

Admin Rabu, 04/05/2016 Internal 1059 hits

Modal untuk menjadi bahagia itu sederhananya adalah sehat, karena kalau sudah tidak sehat, bagaimana mungkin kita mencapai kebahagian.


Makna ini semua coba di bagikan oleh team pelayanan kesehatan Daerah terpencil Puskesmas Tebing Tinggi dengan mengadakan pengobatan massal di Desa Dayak Pitap, hari ini tadi, Rabu (4/5).

Dayak Pitap merupakan salah satu desa terpencil di Kecamatan Tebing Tinggi, untuk mencapai desa yang berada didaerah perbukitan ini, memang bukan perkara mudah, sarana jalan masihlah berupa pengerasan seadanya, meskipun kendaraan roda 4 bisa mencapai desa ini, paling mudah di capai dengan kendaraan Roda 2 dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan dari Puskesmas Tebing Tinggi.

Diling, Kepala Desa Dayak Pitap  menjelaskan bahwa mayoritas Masyarakat yang mendiami Desa ini berasal dari suku Dayak Pitap, dan tersebar dalam 3 Dusun, yaitu Dusun Bangunan, Dusun Bayuan, dan Dusun Rantau Paku.

"Beberapa hari sebelumnya pihak  Puskesmas memberitahukan akan melaksanakan Pelayanan kesehatan di kampung kami,dan kami mengusulkan agar dilaksanakan pada hari Rabu saja,karena hari tersebut ada Pasar di Dusun Rantau Paku", Jelasnya.

Kepala Puskesmas Tebing Tinggi, Rahmadi, AMK., menjelaskan bahwa pelayanan kesehatan daerah terpencil adalah kegiatan wajib bagi Puskesmas Tebing Tinggi,dan kali ini kami melaksanakan bersama-sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan dari Seksi Yandasru dan Seksi Puskesmas.

"Kegiatan Pelayanan Kesehatan Daerah Terpencil kali ini lebih meriah, karena di sokong pula oleh Seksi Yandasru, dan Seksi Puskesmas Dinas Kesehatan, kegiatan yang kami laksanakan selain melaksanakan pengobatan,sunatan Massal, juga melaksanakan berbagai sosialisasi pelayanan kesehatan gratis, dan Jamkesda", katanya.

Kepala Seksi Puskesmas, M.Noor, S.Sos., Menjelaskan bahwa selain melaksanakan pelayanan kesehatan, dan berbagai sosialisasi terkait program Kesehatan, mereka juga melakukan pengontrolan terhadap Fasilitas kesehatan di wilayah Puskesmas Tebing Tinggi.

"Beberapa fasilitas kesehatan yang kami temukan, ada sebagian yang perlu perawatan, seperti Rumah Dinas Paramedis di Desa Sungsum yang kondisinya rusak berat, dan Polindes Desa Dayak Pitap yang kondisinya rusak sedang, tentu dengan melihat langsung akan berbeda dengan hanya menerima laporan saja. Selanjutnya ini juga merupakan kewajiban, kepedulian, dan tanggung jawab kami dari Dinas Kesehatan untuk mengunjungi kawan-kawan yang berada di lapangan." Tutur Kepala Seksi Puskesmas.[rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"