KOALISI PROFESI KESEHATAN ANTI ROKOK KABUPATEN BALANGAN

Admin Selasa, 03/05/2016 Internal 912 hits

Paringin-Semenjak diterbitkannya Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun2014, tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR),  tertanggal 4 September 2014, banyak dukungan kegiatan ditujukan untuk mewujudkan harapan-harapan Perda tersebut.


"Bentuk dukungan insan kesehatan terhadap Perda tersebut diantaranya adalah  dengan membentuk Koalisi Profesi Kesehatan Anti Rokok atau KPK-AR di awal tahun 2015 lalu", kata Sekretaris KPK-AR, Hj. Ariyani, S.Kep,Ns, yang ditemui di aula atas Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, pada acara rapat bulanan anggota KPK-AR, hari ini tadi, Selasa (3/5).

Ia menjelaskan bahwa Bulan Mei merupakan bulan yang penting bagi para penggiat anti rokok, karena setiap 31 Mei diseluruh dunia diadakan peringatan Hari Tanpa Tembakau.

"Pada tanggal tersebut seluruh Dunia  menyerukan para perokok agar berpuasa tidak merokok atau mengisap tembakau selama 24 jam serentak di seluruh dunia. Hari ini bertujuan untuk menarik perhatian dunia mengenai menyebarluasnya kebiasaan merokok dan dampak buruknya terhadap kesehatan", tuturnya.

Selanjutnya dijelaskan olehnya, bahwa mengingat moment ini sangat penting, maka hari ini diadakan rapat persiapan menyambut hari tersebut.

"Rencananya dalam minggu ke-3 atau ke-4  pada bulan ini, akan diadakan Sosialisasi-sosialisasi tentang kawasan Tanpa Rokok, dan juga acara khusus pada tanggal 31 mei 2016 yang masih disusun oleh team Acara", Pungkasnya.

Diakhir wawancara, Sekretaris KPK-AR tersebut menjelaskan bahwa anggota dari koalisi tersebut terdiri dari para stakeholder kesehatan seperti Perawat, Dokter, Farmasi, Penyuluh kesehatan, dll. "Untuk gabung disini, sederhana, tenaga kesehatan dan tidak merokok", Jelasnya. [rie]

: tanpa label

KOMENTAR

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"