DINAS KESEHATAN DAPAT APRESIASI PWI KALIMANTAN SELATAN (PERAN KEHUMASAN SKPD SEKABUPATEN BALANGAN HARUS DITINGKATKAN)

Admin Rabu, 27/04/2016 Internal 493 hits

Paringin - PWI atau Persatuan Wartawan Indonesia, memberikan apresiasi kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan atas peran serta dan Prestasi dalam Pelatihan Jurnalistik Praktis dan Kehumasan yang diselenggarakan atas kerjasama Humpro setdakab Balangan, PWI Tabalong - Balangan, Kowas, dan CV Righisa, yang dilaksanakan hari ini tadi, Rabu, 27 April 2016, di Aula Mapolres Kabupaten Balangan.


Para peserta pelatihan tersebut terdiri dari perwakilan SKPD se Kabupaten Balangan, dan para wartawan se Banua Anam.

"Apresiasi ini kami berikan karena kemampuan peserta dalam mengaflikasikan materi pelatihan yang kami berikan. Sebenarnya semua peserta dari SKPD mempunyai kemampuan yang bagus, mampu mengaflikasikan, namun selalu ada yang terbaik, dan itu semua jatuh kepada Dinas Kesehatan dengan nilai 8.5", kata Sabirin HA Syukran Nafis, ketua PWI Tabalong- Balangan.

Bang Sabirin, demikian ia biasa dipanggil juga menjelaskan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah agar SKPD di Kabupaten Balangan mampu membuat Press Release, yaitu naskah berita atau informasi yang dibuat oleh praktisi Humas (Public Relations Officer/PR) untuk di publikasikan di media massa.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Balangan, Taufiqurrahman, S.TP,M.Si turut menyampaikan bahwa Peran kehumasan setiap SKPD harus ditingkatkan, diantaranya melalui publikasi di website, Buletin, ataupun media-media Sosial.

"Publikasi merupakan suatu sarana agar Masyarakat tahu tentang apa yang kita lakukan,semakin banyak masyarakat mengetahui apa yang kita lakukan, maka akan terbangun kepercayaan dari masyarakat kepada kita", tuturnya.

Selanjutnya ditambahkan olehnya bahwa sebuah berita atau publikasi bisa diumpamakan sebagai 2 sisi mata pisau, ia bisa memberi kebaikan, bisa juga menyulut permusuhan.

"untuk itu semua, maka kita semua berkumpul di tempat ini untuk belajar terutama tentang  etika dan hukum jurnalistik, sehingga kita bisa menyampaikan informasi dengan baik dan benar kepada masyarakat", Pungkasnya.

Acara dengan sub tema Meningkatkan Profesionalisme Jurnalis dan Kehumasan Dalam Membangun Banua, dijadwalkan akan di buka secara resmi oleh Bupati Balangan, Namun karena suatu hal, diwakili oleh Asisten I, H. Zainal Abidin, yang membacakan kata sambutan Bupati Balangan yang intinya bahwa wartawan adalah rekan kerja yang ikut mempromosikan dan ikut membesarkan kabupaten Balangan selama ini.

Turut hadir pula dalam acara tersebut, ketua PWI Provinsi Kalimantan selatan, Drs. Fathurrahman, M.Med.Kom, dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Kalimantan Selatan sekaligus Pemimpin Redaksi Radar Banjarmasin Toto Fachrudin, dan memberikan materi kepada peserta pelatihan tersebut.

Herry, Staf Seksi Sistem Informasi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, ikut menjelaskan bahwa untuk  Publikasi dan informasi di Dinas Kesehatan itu masuk dalam seksinya, dan untuk publikasi mereka telah melakukannya melalui media website, Buletin Sanggam Sehat, dan yang masih dikembangkan adalah Mading Maritam.

"Apresiasi ini jelas sangat membanggakan kami, namun jujur, sebenarnya kami bukanlah yang terbaik, SKPD lain juga bagus-bagus, dan kami pun masih belajar, namun semoga saja kami bisa mengaflikasikan semua yang kami dapatkan ini dalam rangka memberikan Informasi kepada masyarakat", tuturnya. [rie]

: tanpa label

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"