JUM’AT HARINYA PARA LANSIA DI DINKES KAB. BALANGAN

Admin Juma't, 22/04/2016 Internal 541 hits

Kebersamaan, kumpul dengan sesama,berbagi kebahagiaan,Olahraga, meningkatkan pengetahuan agama, pemeriksaan kesehatan dan dikasih obat lagi.


Setiap hari jum'at pagi para lanjut usia berkumpul di depan Aula bawah Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.

"acara ini kami persembahkan kepada para mereka, silahkan datang kesini setiap jum'at Pagi, agar selalu bahagia di usia lanjut", kata Zakiah, S.ST., Kasi KB dan Lansia Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan.

Dijelaskan oleh beliau bahwa Acara ini rutin dilaksanakan setiap hari itu, kegiatannya terdiri dari senam lansia, ceramah agama, dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, dan diberikan pengobatan apabila mereka sakit.

Ka Zakiah, demikian beliau biasa di pangggil menjelaskan bahwa Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), lanjut usia meliputi dibagi dalam beberapa beberapa bagian, yaitu Usia Pertengahan (middle Age) adalah mereka yang berusia antara 45-59 tahun, usia lanjut (elderly) 60-70 tahun, Usia Lanjut (old) : 75-90 thn dan sangat Tua (very old) : > 90 thn, sedangkan menurut UU No.13 tahun 1998 tentang kesejaheraan lansia, lansia adalah orang yang berusia > 60 thn.

"Dengan mengikuti acara ini, maka para lansia selain dapat saling berkumpul dengan sesamanya, juga mendapatkan tambahan pengetahuan agama, juga akan semakin sehat, karena kami juga mengadakan senam khusus untuk meningkatkan kebugaran dan dilaksanakan pemeriksaan kesehatan, sehingga kesehatan mereka akan selalu terkontrol, dan kalau memang perlu pengobatan maka akan diberikan pengobatan", tutur beliau.

Sebuah kenyataan bahwa pada usia lanjut, semua anak-anak sudah tumbuh dewasa, punya penghidupan masing-masing, jauh dari rumah, dirumah pun hanya tinggal berdua atau sendirian saja lagi, sehingga dengan kenyataan ini ada anggapan bahwa pada masa lansia penuh dengan kesepian.  Ini jelas salah, masa lansia adalah masa yang menyenangkan, masa yang indah, karena inilah masa bagi kita untuk melihat, dan menikmati apa-apa yang telah kita capai, asal kita tahu caranya.

Salah satu cara untuk mendapatkan lebih bahagia, sehat dan jauh dari perasaan duka atau kesepian, dan pasti mendapatkan hal-hal yang positif, bisa datang ke Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan pada hari jum'at pagi.[rie].





: tanpa label

KOMENTAR

SEMANGAT TAHUN BARU

Minggu, 03/01/2016

Kabut Asap Melanda Balangan

Juma't, 10/10/2014

"Mewujudkan Masyarakat Balangan Sehat yang Merata dan Mandiri"